Dunia Xlangkah Lebih Maju dengan Internet

Internet, sebuah kata yang sangat kramat untuk saya. Internet adalah sesuatu yang membuat saya bisa melihat dunia dari dalam kamar saya. Hanya dengan mengetikkan beberapa kata di keyboard komputer dan melihat apa yang tertera dilayar, saya bisa memperoleh segala informasi yang saya butuhkan. Tentunya hal tersebut sangat membuat saya Xlangkah lebih maju dalam menyelesaikan segala tugas dan permasalahan yang membuat saya pusing tujuh keliling.

Bagaimana internet mulai masuk ke kehidupan saya

Internet, jika mendengar kalimat itu, maka saya harus memutar kembali ingatan saya ketika saya masih kelas 2 SMP. Saya ingat sekali waktu itu komputer dirumah baru saja dipasang internet. Awalnya saya sama sekali tidak mengerti apa itu internet, yang saya tahu internet itu adalah indomie telor kornet. Masa iya ? Lalu ibu saya mulai mengajari apa itu internet, dan saya pun kagum dengan benda yang saya sebut internet itu.

Berhubung saya yang lebih getol dalam berinternet akhirnya saya yang paling mengerti bagaimana menggunakan internet daripada orangtua dan kakak saya. Sayangnya kala itu biaya internet sangat mahal untuk kecepatan yang bisa dikatakan siput sehingga waktu pemakaian internet dibatasi untuk mencegah biaya tagihan yang membengkak. Kalau membengkak pasti saya yang kena marah. (Soalnya memang saya yang pasti membuat bengkak)

Anyway, Internet sangat membantu saya menyelsaikan tugas sekolah saya kala itu. Saat itu internet masih merupakan benda yang agak tabu, tidak sebiasa sekarang. Disaat teman-teman masih bingung mencari refrensi dan harus mengubrak-abrik perpustakaan dan berkutat dengan buku-buku usang, saya sudah Xlangkah lebih maju. Haha, kalau dipikir licik juga sih, guru memang mengarahkan untuk keperpustakaan, namun saya dengan mudah tinggal mengketikkan beberapa kata dikeyboard.

Bagaimana internet mengubah hidup saya

Kuliah telah usai dan tidak ada kegiatan di kampus, ya saya pulang ke kos saja. Kalau sudah di kos saya langsung menyalakan komputer saya dan mulai berselancar di dunia maya. Sebenenarnya apa yang saya lakukan di dunia maya itu ? Apakah positif atau negatif ? Tentunya yang positif lebih banyak daripada yang negatif.

Yang pertama saya buka adalah situs pendidikan untuk refrensi tugas-tugas yang harus saya kerjakan. Ya sebagai mahasiswa rasanya tidak afdol kalau tidak ada tugas yang susahnya setengah mati. Untunglah internet sering menyelamatkan saya dari kebuntuan otak yang sudah panas karena tidak bisa menyelesaikan tugas. Sekali lagi Xlangkah lebih maju dari kemunduran mental karena tugas.

Sembari mencari refrensi untuk tugas, tentunya saya membuka situs jejaring sosial yang sedang digandrungi entah facebook atau twitter. Kalau sudah mumet dengan tugas, tab facebook dan twitter langsung saya buka (baca: pelarian). Banyak yang bisa saya lakukan di situs jejaring sosial bahkan inisiasi kegiatan di dunia nyata dimulai dari dunia maya. Kita bisa berinteraksi walaupun orang yang kita ajak interaksi berada ratusan kilo dari kita. Pengaruh dunia maya memang kuat, dan tidak bisa dipungkiri anak muda zaman sekarang lebih senang berekspresi di jejaring sosial daripada mengkritisi di media lain.

Selain kedua situs itu saya juga sering membuka situs berita online. Saya pikir daripada berlangganan koran, lebih baik membaca saja dari intenet, membuat saya Xlangkah lebih maju untuk usaha saya mereduksi penggunaan kertas. FYI kertas dibuat dari pohon, satu kg kertas butuh kurang lebih 2-3 kg kayu. Go paperless. Kalau misalnya lagi mobile, saya juga tetap bisa berinternet ria, tinggal ambil BB, buka browser dan saya langsung bisa memperoleh informasi yang ingin saya dapatkan. Sayangnya BB saya masih  3G, masih agak lemot,  belum mencapai 3,75G seperti Xl hotrod.

Dan sebuah hobi baru yang baru saja saya mulai geluti. Blogging. Saya memang senang menulis. Awalnya saya menulis hanya untuk saya baca sendiri, entah diari ataupun cerpen. Saya memang kepikiran untuk membuat blog sejak dulu, namun masih belum ada trigger yang membuat saya melaksanakan niat tersebut. Terimakasih kepada Xl yang mengadakan kompetisi ini, membuat saya mempunyai trigger untuk menjalankan niat lama saya. Dengan adanya komptisi “Xlangkah lebih maju” ini, saya menjadi Xlangkah lebih maju dalam belajar bagaimana mengelola sebuah blog berCMS WordPress. Senangnya, saya baru tahu kalau mengelola blog bukanlah hal yang sesulit yang saya kira. Saya pikir butuh waktu berbulan-bulan ternyata tidak. Saya belajar juga dari googling di internet, sekali lagi internet membuat pemikiran saya Xlangkah lebih maju dan terbuka.

Internet telah mengubah hidup saya, membuat saya Xlangkah lebih maju dalam menyelesaikan permasalahan saya dan memperoleh informasi yang saya inginkan, membuat saya berbicara dengan orang yang berada ratusan kilo dari saya, membuat saya bisa mengadakan suatu acara di dunia nyata, dan masih banyak lagi.

Bagaimana internet mengubah dunia

Tahukah kamu, internet dulu dibuat untuk keperluan militer Amerika Serikat oleh ArpaNET. Internet dibuat untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. (wikipedia.com).

Berawal dari tujuan lain yaitu untuk keperluan pertahanan negara dan berakhir dengan sebuah inovasi memukai, itulah internet. Internet sekarang telah mengubah dunia. Sekarang internet bisa menghubungkan setiap individu di dunia. Tinggal log in Yahoo Messenger atau Gtalk atau Facebook atau Skype atau MSN dll, kita bisa terhubung dengan orang yang berada jauh di negara sana. Mungkin einstein berkata ruang dan waktu adalah dimensi yang relatif, memang benar dengan adanya internet dimensi ruang dan waktu menjadi hilang. Tak perlu wormhole, yang hanya kita perlukan adalah modem agar kita bisa melintasi dimensi ruang untuk bisa berkomunikasi dengan orang yang sangat jauh atau melintasi dimensi waktu untuk mengetahui masa lampau.

Mencari uang di Internet ? Itu sudah bukan hal yang baru lagi, banyak yang bisa dilakukan untuk menghasilkan pundi uang di internet seperti berjualan online, menjadi ITers, menjual hosting, menjadi seorang artis (tinggal upload di youtube, tapi tetep harus gokil dan suara bagus) dan lain-lain. Wah enak bukan, tinggal duduk di depan komputer kemudian uang bisa datang, tentunya banyak juga risiko dan tantangan dalam mencari uang di internet. Namun sudah banyak orang yang sukses dengan bisnis tersebut. Internet membuat kita Xlangkah lebih maju dalam invoasi mencari uang.

Lalu apakah anda bisa bayangkan jika sesuatu terjadi dengan jaringan internet di dunia dan membuat dunia terkunci dari internet selama satu hari saja. Chaos seperti apa yang akan terjadi jika hal tersebut terwujud. Perbankan akan kacau, bisnis online akan mati, email penting tidak akan bisa terkirim, bisa hancur dunia. Dan untuk saya, bagaimana saya bisa menyelesaikan tugas kuliah kalau tidak ada internet. Bisa-bisa kembali ke zaman batu nih (lebay mode on). Hal tersebut terjadi karena kita sudah sangat bergantung pada internet untuk kehidupan kita. Sekali lagi internet telah membuat dunia Xlangkah lebih maju dalam mencapai era baru akan modernisasi.

Leave a Reply

