Era Baru Pertelevisian dengan IPTV

by widikrisna

Habis seharian capek kerja, kuliah, sekolah paling enak pulang kerumah mandi air hangat terus makan malam sambli menonton televisi. Lebih asyik lagi kalau televisinya dipasang TV kabel jadi kita semua bisa nonton acaranya orang bule yang lebih bervariatif. Tinggal pencet angka di remot TV, kepenatan langsung hilang oleh gambar dan suara yang mampu mengaduk emosi, humor, ngeri dan sisi melow. Televisi hanyalah kebutuhan sekunder, namun tidak bisa dipungkiri kalau televisi sudah hampir dimiliki oleh setiap rumah, tak peduli rumah itu rumah gedongan ataupun rumah sangat sederhana sekali. Televisi memang alat yang praktis untuk menjadi alat penghibur dikeseharian kita. Ingin lihat boyband atau girlband yang kamu taksir, tinggal pantengin aja televisi pagi-pagi. Pingin lihat sinetron dengan berbagai variasi bumbu mulai yang kalem, pedes, gurih sampai kelewat menyengat, pantengin aja televisi malem-malem. Mau tahu apa yang terjadi pada dunia biar nggak ketinggalan update, tinggal lihat aja dunia dalam berita. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, televisi sudah  menjadi kebutuhan kita.

Hayo ngaku siapa yang pasang TV kabel dirumah ? Asyikkan ? Bisa nonton how i met your mother, glee, gossip girl, american idol, dan lain-lain lebih duluan. Andai TV di kosan saya dpasangan TV kabel, makin getol nonton deh (dan bukannya belajar). Belakangan ini saya mendengar sebuah istilah yang dirumorkan akan menggantikan TV kabel. Hayo…, yang udah keranjingan TV kabel pasang mata ya, siapa tahu layanan ini langsung masuk ke must have list kamu. Yang belum pasang TV kabel pasang mata dan scroll ke bawah terus juga, kamu pasti tertarik dengan layanan ini. Layanan yang saya maksud bernama IPTV.

Belum pernah dengar yang namanya IPTV ?

Masih belum tahu fitur-fitur canggih dari layanan IPTV ini ?

Kemana aja loe bro ?

Wait, disini saya tidak mau nge-bully-bully pembaca yang masih hijau dalam hal IPTV soalnya saya juga baru ngesearch mengenai IPTV akhir-akhir ini jadi saya juga baru tahu ada yang namanya IPTV seminggu lalu. Kemana aja gw ? SO (Study Oriented) banget sih gw. Oya berhubung saya juga masih hijau dalam IPTV, CMIIW ya.

IPTV tuh Internet TV bukan sih ?

Jangan berpikir kalau IPTV ini sama dengan TV berlangganan, atau internet TV, ataupun smart TV. Bedanya dimana ya ? Kalau TV berlangganan menggunakan serat optik atau kabel coaxial atau satelit (kemudian ditangkap parabola) sebagai pengiriman dan penerimaan sinyal. Kalau Internet TV, acara televisi didistribusikan di internet dan kita tinggal mendownload atau streaming dengan menggunakan PC atau Smartphone. Contoh internet TV adalah You Tube. Kalau smart TV itu TV yang ada internet browsernya (dan juga ada fungsi multimedia lain seperti games), jadi kita bisa streaming youtube pakai televisi. Jadi lebih mantap kan kalau lihat youtube di layar TV yang besar. Namun semua itu bukanlah IPTV

Nah kalau IPTV apa dong ?

IPTV adalah singkatan dari (Internet Protocol Television). IPTV memungkinkan layanan multimedia dalam bentuk televisi, video, audio, text, graphic, data dikirim ke jaringan internet kemudian dinikmati oleh kita semua dari televisi yang sudah dipasang peralatan khusus tentunya. Kok terlihat enak sekali ya ? Ups jangan takut dulu, layanan ini dijamin kualitasnya, keamanannya dan realibility (keandalannya). IPTV juga memungkinkan komunikasi dengan kita-kita semua secara dua arah atau interaktif secara “real time”. Ada banyak layanan yang ditawarkan oleh IPTV.

Masih bingung ? Oke saya akan menjelaskan dari sudut pandang orang awam.

Pertama bayangkan televisi yang berada di rumah kamu. Televisi ini tidak perlu yang mahal, flat atau smart TV, cukup TV biasa saja. Sudah ? Kalau sudah, bayangkan ada sebuah kotak hitam di samping televisi kamu. Kotak itu adalah alat khusus yang dipasang agar televisi kamu terpasang IPTV. Lalu coba kamu nyalakan televisimu. Biasanya kita akan menekan angka di remote untuk mencari channel yang sedang ingin kita lihat, namun IPTV bisa melakukan lebih banyak dari itu.  Kamu bisa nonton film-film Box Office, serial drama, film dokumenter, musik, berita, olahraga dunia, program anak-anak, dll yang selama ini hanya bisa kamu nikmati melalui TV kabel.

Kok bisa ?

Ya iyalah bisa. Jadi semua siaran televisi yang akan kamu nikmati itu akan ditransmisikan melalui jaringan internet, bukan menggunakan kabel atau antena. Nah kotak hitam itu adalah Set Top Box yang berfungsi menangkap sinyal dan konten lalu menampilkannya ke layar televisi. Tidak Cuma itu fasilitas IPTV. Sekarang bayangkan ada tombol ajaib di remote yang membuat kamu bisa mengakses fitur  berikut ini.

  1. Live TV Broadcast. Ini Siaran TV local yang biasa kamu dapet dirumah dan siaran TV berbayar.
  2. Time-shifted television TV. Ketika kamu lagi broadcast TV atau menyaksikan program live TV, kamu bisa mem-pause dan me-rewind untuk menyaksikan kembali bagian yang ingin kamu ulang. Atau kamu juga bisa menyaksikan siaran yang sudah ditayangkan beberapa jam bahkan beberapa hari yang lalu.
  3. Video on Demand. Kamu bisa memilih untuk menyaksikan suatu film tertentu dari beberapa pilihan konten film yang disajikan.
  4.  Personal Video Recording. Kamu bisa merekam suatu program broadcast/live TV sesuai dengan jadwal program yang dapat ditampilkan.
  5. Public Services. Kamu bisa memilih program-program layanan masyarakat seperti “early warning information”, “proses pembuatan KTP, SIM dll”, “proses pembayaran pajak” dll.
  6. Music on Demand. Kamu bisa memilih untuk menyaksikan/mendengarkan suatu musik/lagu tertentu dari beberapa pilihan konten lagu.
  7. Headlines on Demand. Kamu  dapat menyaksikan informasi News, Weather, Horoscope, pada portal IPTV.
  8. Gaming.
  9. TV Web Browsing / Internet on TV.  Memungkinkan kamu untuk melakukan browsing internet yang telah didefinisikan pada sebuah portal IPTV.
  10. 10.  Interactive Advertising.
  11.  T-Commerce. Kamu dapat berbelanja melalui tampilan katalog pada TV dengan metoda transaksi yang terjaga keamanannya.

Wow kurang enak apa coba ? Serasa memiliki bioskop sendiri di dalam rumah, namun saya sendiri yang menjadi operator bioskop yan menentukan film yang ingin ditonton.

Mau mencoba ?

Di luar negeri, IPTV juga masih merupakan teknologi yang sedang berkembang. Kalau di luar negeri saja masih berkembang lalu apakah kita sudah bisa menikmati layanan menggiurkan ini ? Syukurlah ada Groovia TV yang mempelopori layanan IPTV di Indonesia. Groovia TV merupakan produk dari telkom.  Groovia TV menyediakan layanan IPTV pertama di Indonesia.  Groovia TV sudah mencapai

  • Seluruh coverage area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Karawang dan Purwakarta yang memenuhi persyaratan teknis.
  • Cluster based. Area dalam Cluster/High Rise Building/Apartemen di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Karawang dan Purwakarta yang akses jaringan telekomunikasi eksisting menggunakan teknologi FTTH (Fiber to the Home)/GPON. (http://groovellas.blogspot.com/)

Groovia TV menyediakan beberapa fitur IPTV seperti.

  1. TV On Demand. Ada 81 kanal, mulai dan film-film box office, Drama series, Film dokumenter, music, berita, olahraga kelas dunia dan program anak, juga layanan-layanan ingeraktif yang berbeda. Jadi tidak perlu bingung kalau kamu mau nonton serial drama luar negeri favorit kamu, tinggal duduk manis di depan televisi.
  2. Menu pause, rewind, play, memberhentikan sejenak tayangan yang sedang disaksikan, merekam tayangan favorit, memutar kembali program acara yang sudah tayang beberapa hari yang lalu. Wah jadi nggak perlu berantem sama adik atau kakak kalau banyak acara bagus yang tabrakan. Kamu juga tetep bisa nonton siaran favorit kamu pas kamu lagi ada kegiatan lain.
  1. Fasilitas Video On Demand (VOD). Memungkinkan kamu nonoton film favorit kamu dari yang tersedia di katalog
  2. Karaoke lagu favorit langsung di depan TV kamu. Jadi ngapain repot-repot ke tempat karaoke kalau kamu bisa karaoke dirumah
  3. Siaran beresolusi tinggi di kanal-kanal High Definition (HD). Lama nonton nggak masalah, gambar yang disajikan tajam dan membuat mata anteng.
  4. Radio. Nggak perlu repot-repot keluarin tape kalau mau denegrin radio, kan udah ada IPTV
  5. Parent Control. Jangan takut kalau anak kamu bakan nonton yang enggak-enggak soalnya ada layanan kontrol tayangan bagi anak-anak yang disediakan oleh GROOVIA, dimana terdapat pilihan bagi anda  untuk mengatur level tayangan sesuai dengan yang kamu inginkan.
  6. Games On Demand. Coco bagi gamers sejati.
  7. NPVR (Network Personal Video Recorder). Layanan penyimpanan yang disediakan oleh GROOVIA dan dapat kamu gunakan untuk menyimpan program pilihan pelanggan dari berbagai channel yang tersedia.
  8. Bantuan . Layanan untuk memberikan bantuan pada kamu untuk penggunaan seluruh fitur yang tersedia di GROOVIA.

Layanan IPTV dari Groovia TV ini merupakan sebuah terobosan yang membawa kita ke era beru dalam pertelevisian. Internet dan televisi sekarang bukanlah dua hal yang akan berjalan parsial lagi. Dengan adanya IPTV, Internet dan televisi akan menjadi partner strategis dalam membawa kita ke hiburan dan media informasi tanpa batas. Groovia TV seakan menjadi gerbang yangmengantar Indoensia ke era baru dalam menikmati hiburan. Tak heran jika dalam waktu 6 bulan ini Telkom menargetkan 300ribu pelanggan di Jakarta (dikutip dari centrone.com). Saya yakin kalian ingin menjadi salah satu dari 300 ribu itu, tinggal klik disini  , disini , atau  disini untuk selangkah lebih dekat dengan era baru pertelevisian ini.

Tunggu apa lagi ? Segera nikmati hiburan tanpa batas dengan Groovia TV

Ciick me

Click me

Sumber :

http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?pid=119056

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=12285.0

http://www.postel.go.id/content/ID/regulasi/frekuensi/kepmen/draft%20white%20paper%20iptv.pdf

http://www.beritaphoto.com/featured/pertama-di-indonesia-era-baru-menonton-tv-bersama-groovia-tv-dari-telkomvision-dan-hbo-on-demand/

http://www.centroone.com/news/2011/06/01r/luncurkan-groovia-tv-telkom-bidik-300-ribu-pelanggan-jakarta/

http://groovellas.blogspot.com/

6 comments on “Era Baru Pertelevisian dengan IPTV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s