Please Someone #np Stop This Train

Sebentar lagi akan ada perubahan besar di kehidupanku. Masalah terus berputar dan sepertinya keluargaku akan memasuki  fasa baru dari sebuah masa. Seperti biasa aku selalu mendengar lagu ini untuk menghibur diri, mematri pada hati kalau hidup selalu berjalan kedepan dan perubahan itu adalah hal yang biasa. Aku hanya bisa berharap dan bernyanyi lagu ini tanpa bisa merubah haluan.

Stop This Train

(John Mayer)

 

No I’m not color blind
I know the world is black and white
Try to keep an open mind but…
I just can’t sleep on this tonight
Stop this train I want to get off and go home again
I can’t take the speed it’s moving in
I know I can’t
But honestly won’t someone stop this train

Don’t know how else to say it, don’t want to see my parents go
One generation’s length away
From fighting life out on my own

Stop this train
I want to get off and go home again
I can’t take the speed it’s moving in
I know I can’t but honestly won’t someone stop this train

So scared of getting older
I’m only good at being young
So I play the numbers game to find away to say that life has just begun
Had a talk with my old man
Said help me understand
He said turn 68, you’ll renegotiate
Don’t stop this train
Don’t for a minute change the place you’re in
Don’t think I couldn’t ever understand
I tried my hand
John, honestly we’ll never stop this train

See once in a while when it’s good
It’ll feel like it should
And they’re all still around
And you’re still safe and sound
And you don’t miss a thing
’til you cry when you’re driving away in the dark.

Singing stop this train I want to get off and go home again
I can’t take this speed it’s moving in
I know I can’t
Cause now I see I’ll never stop this train

Mendengar lagu ini untuk kesekian kali, mengingatkanku tentang arti masa depan.  Lagu yang selalu aku putar saat aku akan memulai sebuah awal yang baru.  Ketika hendak ke Bandung untuk kuliah, aku selalu mendengar lagu ini diperjalanan. Ketika aku naik kelas SMA, lulus SMA, pergantian semester, aku selalu mendengarkan lagu ini, membuatku teringat akan waktu yang selalu berputar kedepan dan tidak akan bisa berhenti.

 

Don’t know how else to say it, don’t want to see my parents go

Satu kalimat yang membuatku sadar kalau suatu saat aku akan dewasa. Dulu ketika masa kanak-kanak, orang tuaku lah yang merawatku. Mereka berjuang melawan kerasanya hidup. Mereka yang berada di lini depan yang berperan memutar roda ekonomi dunia. Aku selalu berpikir kalau merekalah yang akan selalu ada memayungiku. SD, SMP, SMA, kuliah, hari selalu berjalan sama. Pergi pagi dengan senyum orang tua menyertaiku, belajar menimba ilmu sedangkan orang tua pergi bekerja untuk suatu hal yang nyata, yaitu untukku. Sampai sekarang persepsi tersebut mulai berubah. Aku mulai berpikir berbeda. Mungkin tahun depan aku yang sudah harus berada dilini depan untuk memikul tanggung jawab mereka. Aku tak bisa mengelak, waktu bagaikan kereta yang membawaku pergi melintasi dimensi yang tak bisa berhenti. Aku masih muda dan aku masih belum siap, tolong seseorang hentikan kereta yang membawaku ini.

One generation’s length away, From fighting life out on my own

Generasi akan berganti. Para tetua akan pergi dari singgasana mereka. Mempersilakan para pemuda untuk duduk di singgasana tersebut. Sesuap nasi akan segera kami pertaruhkan beberapa tahun lagi, berjalan di lini depan dari sebuah roda yang berputar kedepan. Beban tanggung jawab yang selama ini aku pikir para tetua yang memikul akan segera berada di pundak generasi baru yang telah bertransformasi. Dunia tidak hitam dan putih, banyak warna yang akan terlihat setelah generasi tersebut membuka pikiran akan arti dari perputaran dunia. Jangan terlalu dipikirkan, istirahatlah generasi muda, apapun yang akan terjadi kereta ini tak akan berhenti.

 

So scared of getting older I’m only good at being young.

Happy birthday ya. Sudah berapa kali kalian menerima ucapan tersebut dalam hidup kalian. Kalimat ini yang selalu ada di benakku ketika tanggal 11 Januari, sehari sebelum usiaku bertambah satu tahun. Jika masa kecil, ulang tahun adalah suatu hal yang sangat menyenangkan karena akan banyak hadiah yang akan didapat, namun sekarang berbeda. Usia bertambah berarti makin mendekatkanku dengan berbagai tanggung jawab para tetua yang akan segera lengser dari kekuasaannya. Tubuh mereka sudah merenta, tak kuat lagi menopang bola dunia di genggaman tangan mereka. Tubuh muda dari generasikulah yang masih kuat menopang bola dunia itu. Dan sekarang tubuh muda itu sedang berada di kereta dengan laju yang supercepat dan yang hanya berjarak beberapa kilometer lagi dari stasiun pemberhentian. Tolong, hentikan kecepatan ini, aku masih ingin menikmati pemandangan indah yang melaju di sampingku.

So I play the numbers game to find away to say that life has just begun

Aku selalu berpikir mengapa aku tidak terlahir 29 Februari saja agar usiaku yang sebenarnya 20 tahun bisa dibilang 5 tahun. Kan aku ulang tahun 4 tahun sekali. It’s just a numbersgame. Ingin kumainkan dadu ketika tanggal 11 januari, dan berapapun angka yang ditunjukkan dadu berarti menunjukkan umurku. But, Kereta yang membawamu tak kenal penanggalan masehi, ia hanya mengenal dimensi waktu yang absolut. Tak ada satu permainanpun yang bisa membelokkan arah rel kerera ini. Ia akan terus melaju kedepan tanpa bisa kau hentikan. Bersiaplah atau waktu yang akan mempermainkamu.

 

Had a talk with my old man, Said help me understand, He said turn 68, you’ll renegotiate.

Pulang ke kampung, bertemu dengan nenek dan kakek. Tubuh mereka sudah merenta termakan usia. Berbagai cerita tersimpan dari tiap kerut diwajah mereka. Asam garam melekat pada helai putih di kepala mereka. Dulu mereka juga pernah berada di posisiku, saat generasi mereka adalah generasi yang sedang menunggu untuk menjadi generasi terlini depan. Mereka juga pernah berpikir untuk memutar haluan kereta mereka. Namun hanya perjanjian terlarang yang bisa mengubah haluan itu. Aku bertanya apa perjanjian itu ? Hanya liang kubur yang bisa mengubah haluanmu. Bahkan ketika mereka sudah renta, kereta yang membawa mereka juga masih berjalan. Namun mereka sekarang sudah kembali menikmati pemandangan luar yang silih berganti. Mereka sudah tidak berada didepan lagi, namun mereka pernah didepan dan mereka tidak bisa mengentikan kereta mereka.

 

once in a while when it’s good It’ll feel like it should and they’re all still around and you’re still safe and sound

Sekarang kita masih aman, masih ada para tetua yang menggenggam dunia dengan pemikiran mereka. Membuat kita aman dengan segala keterbatasan dan keinginan kita untuk menjelajah dunia dengan penuh tawa dan kebebasan. Segala senyum dan canda hanya akan menjadi kenangan yang membuatmu tersenyum nanti saat keretamu sudah sampai di stasiun berikutnya. Kapan memang stasiun berikutnya ? Lihatlah kedepan, kita sudah hampir sampai pemuda.

And you don’t miss a thing ’til you cry when you’re driving away in the dark

Perhatikan apa yang tetuamu lakukan karena itu akan menjadi PR yang akan diberikan padamu ketika sayapmu sudah terkekang oleh rantai besi yang akan terus mengekangmu. Ambillah puzzle-puzzle yang tak berhasil ditemukan para tetuamu karena engkaulah yang akan memasang puzzle itu agar tekateki dunia itu bisa kau pecahkan. Tetap buka matamu walaupun dunia yang ditinggalkan oleh tetuamu berada dalam awan gelap yang membuat keretamu seperti berada diterowongan hitam yang tiada ujung. Tetaplah berjalan dan selesaikan PR itu, pasti akan ada cahaya di ujung kegelapan ini. Menangislah jika engkau belum siap, karena suaramu masih akan masuk ke telinga para tetua. Kamu masih berada di lini kedua. Namun tegarlah ketika kamu sudah berada di lini terdepan, karena tangismu hanya akan menggema dan masuk kembali ke telingamu. Apakah kamu siap dengan semua itu generasi muda ? Jika kau bertanya padaku, aku akan menjawab tidak namun aku tidak bisa menghentikan kereta ini. Aku akan terus melaju dengan cepat, yang bisa aku lakukan hanyalah bernyanyi untuk menghentikan kereta ini. Aku ingin keluar dan kembali ke rumah lagi. Aku tidak bisa menerima yang perjalanan cepat ini. Aku tahu aku tidak bisa, karena aku sadar sekarang kalau aku tidak akan bisa menghentikan kereta ini

Thanks to John Mayer yang dengan sempurna menciptakan lagu ini

                                   

2 comments on “Please Someone #np Stop This Train

Leave a Reply

