Bisnis Online, Why Not ?

Jika saya bertanya kepada kamu, “Apa profesi kamu sekarang ?”. Mungkin kebanyakan dari kalian akan menjawab dokter, guru, penyiar, sales, pegawai negeri, pegawai swatsa, karyawan ini itu, dan lain-lain. Umumnya profesi tersebut memiliki rutinitas sebagai berikut : bangun pagi, berangkat ke tempat kerja, 9 to 5 routinity, pulang ke rumah. Pekerjaan seperti itu memang menjamin karena perbulan sudah pasti mendapat gaji. Namun di era serba teknologi seperti ini, sudah banyak orang yang keluar dari mindset itu dan memulai sebuah metode bisnis baru yang cukup menjanjikan dan pastinya bisa menghasilkan uang agar dapur tetap ngepul.

Bisnis ini tidak harus membuat kamu mengjalani rutinitas 9 to 5 yang melelahkan. Kamu tidak perlu bergumul dengan macetnya jalan, polusi udara, panasnya terik matahari, kantuk di pagi hari, dan segala hal mem-BT-kan lainnya. Modal dari bisnis ini hanyalah koneksi internet, keberanian dan skill yang pastinya bisa dipelajari jika ada kemauan. Bisnis apakah itu ? Sepertinya judul post ini juga sudah memberitahu maksud saya apa. Ya benar, bisnis online .

Bisnis online adalah segala bentuk usaha yang menghasilkan uang yang dilakukan melalui media maya. Kenapa harus bisnis online ? Fakta bahwa jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan internet pada tahun 2011 mencapai 55 juta orang membuat bisnis online menjadi suatu prospek yang cukup strategis.

Sekarang saya tanya kepada kalian, seberapa sering kalian menggunakan internet ? Kalau saya hampir setiap hari saya pasti mengakses internet, entah dari laptop atau dari ponsel. Jika saya atau mungkin kamu membutuhkan informasi entah artikel, berita ataupun produk, yang saya lakukan pertama adalah mencari di internet. Dan bisa saja saya membuka website kamu dan membeli secara online jika sedang mencari produk. Jadi jangan menyepelekan bisnis online.

Bisnis online apa sih yang saya maksudkan ? Menurut saya segala pekerjaan yang menghasilkan uang melalui internet disebut bisnis online. Bisnis online berbeda dengan bisnis offline. Secara general bisnis offline kan butuh toko, pagi buka toko, ngejagain toko setiap saat, menunggu pembeli datang. Bisnis offline memerlukan interaksi fisik sedangkan bisnis online tidak.

Ada banyak bisnis yang bisa anda jalankan secara online sebagai contoh :

  • Blogging . Dari blogging ini kamu bisa ngepost artikel apapun. Uang dihasilkan jika  ada orang atau agen iklan yang mau memasang iklan di blog kamu . Jika ada pengunjung blog kamu yang ngeklik iklan yang dipasang di blog kamu, maka semua pihak akan mendapat untung.
  • Toko online . Nggak perlu beli toko mahal-mahal jika kamu bisa buka toko, memasarkan produk dan menjual produk secara online . Jadi semacam outlet tapi di internet.
  • Affliate . Nah kalau nomor 2 kan kasusnya kamu punya produk sendiri, kalau affliate kamu ngejualin produk orang lain . Nanti kamu akan dikasih komisi. Kalau didunia nyata affliate biasanya disebut makelar.
  • Jasa online . Kalau kamu punya keahlian khusus seperti peterjemah, reparasi, pulsa elektrik, pembuatan website, bisa kok kamu jual keahlian kamu secara online.

Bisnis online memiliki banyak keuntungan yang tidak dimiliki oleh bisnis offline antara lain.

keuntungan bisnis online

keuntungan bisnis online

Nah pasti tertarik dengan bisnis online ? Untuk permulaan mungkin bisa menjadikan bisnis online sebagai parttime atau partjob untuk sekedar menambah uang penghasilan. Tak sedikit orang yang memulai bisnis online dari iseng-iseng namun setelah itu malah menjadikan bisnis online profesi utama. Siapa tahu kamu bisa menjadi salah satu seperti mereka nanti ?

Untuk bisa mengembangkan bisnis online kamu harus belajar skillnya terlebih dahulu. Tentunya ngeblog dan ngeweb harus kamu kuasai agar kamu bisa mengutak atik tampilan website bisnis online tersebut agar kamu puas dan berkembang deh bisnis kamu. Nggak susah kok untuk bisa menguasai skill ini, sekarang sudah banyak sekolah blog yang bisa membuat kamu ahli dalam waktu singkat. Kamu pasti ingin kan website bisnis online kamu bisa muncul di halaman pertama search engine, atau blog kamu ditawarin iklan oleh banyak agency. Oke untuk mencapai semua itu kamu harus belajar dulu.

Salah satu lembaga yang fokus di bidang internet marketing, blog advertising agency dan search engine optimization adalah AstaMedia group. Sesuai dengan visinya yang ingin menjadi yang terdepan di Indonesia dalam bidang SEO (Search Engine Optimiztion) servis  dan marketing internet di dunia, astamedia grup menyediakan beberapa layanan antara lain

layanan astamediagroup

Layanan AstaMedia Group

Masih mau berada di rutinitas 9 am to 5 pm atau mau mencoba rutinitas baru untuk kehidupanmu. Bagi yang mau mengubah mindset dan keluar dari rutinitas untuk menjalani bisnis online jangan ragu-ragu untuk memulai. Kamu harus tetap hati-hati dan waspada karena sekarang juga sudah banyak penipuan yang dilakukan secara online. Memang selalu ada untung dan rugi namun dimana ada kemauan disitu ada jalan. Siapa tahu jika saya bertanya kepada kamu beberapa tahun lagi, “apa profesimu ?” lalu kamu akan menjawab dengan bangga “saya online bussinessman.” The decision is yours.

Untuk memulai langkah kamu untuk berbisnis online, mari belajar semua ilmu blogging dan online marketing di sekolah blog AstaMedia Group. Klik disini untuk join sekolah blog AstaMedia Group atau klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Advertisements

4 comments on “Bisnis Online, Why Not ?

  1. Pingback: Update Peserta Lomba Blog 3 Tahun Astamedia, 24 Januari 2012 | AstaMedia Group

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s