Celotehan tentang Media Sosial

Alkisah ada dua orang pria yang saling bersahabat. Mereka adalah si Ari dan si Budi. Kalau kata pepatah mereka bagai pinang yang tidak bisa dibelah dua. Mereka tidak kembar namun semenjak SMA mereka selalu bersama dan tidak terpisahkan. Ada gula ada semut, kemana ada Ari pasti ada Budi. Kecocokan dan hobi yang sama membuat mereka selalu akur dan tidak pernah bertengkar.

Suatu kala, ketika tahun sudah memasuki angka 2012, terjadi gap antara Ari dan Budi. Ada suatu hal yang Ari geluti namun Budi tidak. Tentunya hal itu membuat keakraban diantara mereka berdua tidak berjalan sepeti biasa. Tentunya Budi berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya Ari geluti.

A:  Hei Bud.

BHei Ri. Ayo kita berangkat kuliah

AOke Bro. Nanti Ane ngelihat PR ya di kelas.

BWah sebenarnya nggak boleh tuh bro. PR harus dikerjakan sendiri. Tapi berhubung lo sahabat baik gw, apa sih yang nggak.

A: Nah itu baru gw suka. Ntar gw traktir makan deh Bud.

Budi dan Ari sekarang sudah kuliah dan mereka berada di universitas dan jurusan dan angkatan yang sama. Memang dua sejoli yang tidak terpisahkan. Disepanjang perjalanan dari tempat kos menuju kampus terjadi perbincangan menarik antara Ari dan Budi.

B: Lo kenapa belum ngerjain tugas Ri ?

A: Lagi ada kerjaan Bud.

B: Kerjaan apa sih ? Apakah ini pekerjaan yang membuat lo sering pergi-pergi belakangan ini ?

Ari hanya membalas dengan sebuah senyuman licik, menyembunyikan sebuah misteri dari Budi. Tentunya hal itu makin membuat Budi penasaran.

B: Apa sih ? Penasaran nih.

A: Lihat aja hari ini. Lo pasti bakal kecipratan hasil kerjaan gw.

B: Emang udah ngehasilin uang banyak ?

A: Oh ini lebih dari sekedar uang.

B: Apa sih bikin kepo aja lo Ri ? Ayo dong beritahu sabaatmu atau nanti nggak aku pinjamin PR loh.

A: Tenang Bud, hari ini lo pasti tahu.

Merekapun sampai di kampus. Sesampainya di gerbang depan sesuatu yang tidak biasa terjadi. Ari disambut bak selebriti terkenal. Orang-orang yang tidak dikenal banyak yang menyapa Ari. Hal ini makin membuat Budi bingung.

B: Kok orang-orang pada nyapa kamu Ri ? Emang kamu kenal sama mereka semua ?

A: Aku nggak tahu mereka tapi mereka tahu siapa aku.

B: Kok bisa ?

A: Eh ke kantin dulu yuk. Kita makan yuk. Lo bakal gw traktir. Sebagai sahabat terbaik tentunya lo orang yang pertama yang bakal kecipratan enaknya kerjaan gw.

B: Sumpah ya Ri. Gw serem sama lo kalau begini jadinya.

A: Tenang take it easy bro.

Disepanjang perjalanan, lirikan mata orang-orang yang tidak dikenal makin membua Budi takut, tidak nyaman sekaligus bingung. Apa sih yang dilakukan sahabatnya sampai ia bisa seperti itu. Kantin sedang tidak ramai. Maklum ini jam tanggung antara makan pagi dengan makna siang. Ari dan Budi langsung duduk di sebuah meja. Entah di kantin entah di lorong tetap saja semua melihat ke arah mereka. Dengan santainya Ari mengeluarkan komputer tabletnya saat penjaga kantin menghampiri mereka untuk mencatat pesanan.

B: Sejak kapan lo punya tablet kayak gitu ?

A: Sejak minggu lalu. Bu saya pesen spagetti ya. Kamu mau pesen apa ?

B: Mmm, sama aja deh Bu. Nggak pake lama ya Bu.

A: Bu, kantinnya mau saya buat ramai nggak ?

Ibu penjaga kantin menyipitkan mata, bingung dengan pertanyaan Ari. Namun namanya pedagang pasti mau tempa dagangannya ramai. Akhirnya ibu kanin berkata ya. Ari langsung berinteraksi dengan komputer tabletnya dan dalam waktu kurang dari 5 menit berbondong-bondong mahasiswa datang ke kantin. Tujuan mereka datang tak lain hanya untuk melihat Ari. Budi makin takjub dan bingung.

B: Ri kok bisa sih ?

A: Aduh lo tuh ya kuper banget. Ini udah 2012 bro, masa lo nggak tahu apa yang terjadi sama gw.

B: Ya gw nggak tahu kalau nggak dikasih tahu. Sebenernya lo ngapain sih ?

A: Hei wake up ini udah 2012 bro.

B: Au ah gelap.

Budi lama-lama kesal karena Ari hanya bisa membuatnya penasaran tanpa bisa memberitahunya. Setelah makan dan memberikan PRnya kepada Ari, Budi pergi dan mencari tahu sendiri apa yang sebenarnya sahabatnya sedang lakukan. Ia bertanya kepada salah satu wanita yang cukup update tentang semua berita baik fakta, gosip, dan fitnah. Wanita itu bernama Cindy. Satu hal yang menjadi ciri khas Cindy adalah kecentilannya dan satu kata favoritnya yaitu…

C: OMG BEIB. Masa lo nggak tahu sih, lo kan sahabat baiknya.

B: Habis si Ari nggak ngasih tahu ke gw.

C: Lo pikir Ari ngasih tahu ke kita semua. Do you have twitter ?

B: Nggak.

C: OMG Beib. Hari gini nggak punya twitter. Jangan-jangan facebook nggak punya juga lagi ?

B: Kalau FB gw punya, tapi udah jarang buka. Emang kenapa sih ?

C: Nih gw kasih tahu ya, menurut gw tahun 2012 tuh twitter akan semakin berkembang. Informasi akan tersebar lebih cepat lewat twitter. Masa Beib nggak bisa ngira sih.

B: Emang si Ari ngapain di twitter ?

C: OMG Beib. Kasih tahu nggak ya ? Cium dulu baru aku kasih tahu.

B: Udah deh jangan kecentilan. Kasih tahu cepet.

Akhirnya Budi tahu penyebab sahabatnya mendadak terkenal. Ia sama sekali tidak menyangka sahabatnya bisa berbuat seperti itu. Budi langsung mencari Ari untuk mengklarifikasi apa yang dikatakan Cindy. Bahaya langsung percaya 100 % pada wanita yang bernama Cindy. Terlihat Ari yang sedang bermain dengan kompuer tabletnya.

B: Hei pemilik akun @GalauTapiRomantis

A: Akhirnya lo tahu kan…

B: Emang lo nge-tweet kayak apa sih ? Sampai-sampai ketika semua tahu identitas asli akun itu adalah lo, semua langsung ngefans sama lo.

A: Nih coba lihat di layar komputer tablet gw.

B: mmm, oooh. Pantes aja anak-anak langsung pada ngefans sama lo. Tweet lo oke banget. Lo bisa ngemas pesan dan motivasi dalam kata-kata galau yang disukai remaja. Kenapa awal-awalnya lo rahasiain identitas @GalauTapiRomantis itu lo ?

A: Biar pada penasaran aja. Makanya Bud, buat twitter. Awal tahun 2012, pengguna twitter di Indoensia itu udah 19,5 juta.  Kita peringkat ke5 terbanyak di dunia. Masa lo nggak mau jadi salah satunya sih ?

B: Kan gw udah punya facebook.

A: Iya dan nggak pernah dibuka juga kan facebooknya. Facebook emang masih cukup mendominasi tahun 2012 ini. Pengguna facebook di Indonesia saat ini telah mencapai 43,06 juta, terbesar ke-3 di dunia. Dan gw kira di tahun 2012 ini facebook akan tetap menjadi suatu keharusan bagi pengguna sosial media dan makin akan bertambah jumlah penggunanya. Tenang Bud, menurut gw facebook masih eksis kok. Fitur-fitur baru akan ditambahkan dan di-upgrade ke dalam facebook salah satunya yaitu fasilitas mesin pencari Facebook Search yang bisa menjadi ancaman bagi google . Makanya kamu eksisin tuh facebook kamu. Coba lihat nih facebook aku, ramai kan…

B: Iya friends kamu banyak banget. Kok tampilan kamu beda gitu. Oh jadi itu yang namanya fitur timeline. Itu yang banyak dipake orang ya sekarang.

A: Tapi sekarang aku lebih seneng nge-twitter dulu. Coz tahun 2012 ini kayaknya penggunaan media twitter akan semakin meluas. Twitter nggak akan sekedar jadi sarana curcol atau update status doang, namun juga sarana pemasaran perusahaan, pencerdasan, penyebaran headline news, lomba dan masih banyak lagi. Apalagi fitur-fitur twitter kayak retweet, hashtag, mention dan macem-macem itu makin membuat twitter user friendly sebagai media sosial. Lihat aja gw bisa terkenal kayak begini berkat twitter. Nah lo pasti nggak ngerti kan hastag atau trending topic ?

B: Apaan tuh hash tag ma trending topic ? Itu kamu lagi buka apaan. Instagram ? Apa lagi tuh ?

A: Aduh gapteknya sahabatku. Instagram lagi cukup berkembang loh sekarang. Instagram itu tempat untuk upload foto-foto. Keistimewaanya, setelah foto diambil, bisa di edit dulu sebelum di-upload dan di-share ke facebook lo Bud. Instagram pakai sistem follow unfollow kayak twitter tapi ada like sama comment kayak facebook. Ni media sosial juga masih berkembang dan nampaknya akan makin berkembang di tahun 2012.

B: Oooh, kok lo kayaknya ngerti banget si.

A: Gw kan suka baca newsnya Arwuda Indonesia (Social Media Agency). Disitu banyak update berita tentang media sosial. Nih coba lihat tampilan hompage Arwuda news Bud disini. Aku juga folow twitternya @ArwudaID

B: Apa tuh Arwuda ?

A: Arwuda itu perusahaan yang bergerak dibidang media sosial seperti, Facebook, Twitter, YouTube dan Blog. Jadi bagi perusahaan yang mau memaksimalkan media sosial untuk berkomunikasi dengan baik dengan para konsumen bisa pake jasa Arwuda.

B: Emang perlu ya kayak begituan ?

A: Perlulah. Kan udah gw bilang Bud. Media sosial sekarang penggunaannya semakin meluas. Sekarang bukan sekedar penyalur kegalauan tapi juga untuk pemasaran atau merketing perusahaan juga. Nih coba lihat layanannya Bud disini

B: Wow gw baru tahu nih. Bisa gw rekomendasiin ke bokap tuh.

A: Nah ngerti kan kenapa sekarang gw bisa terkenal.

B: Oke deh. I’ll follow you deh. Hehe ntar ajarin nge-twitter ya. Yuks ah ke kelas

A: Yuks. Jangan telat kan ada kuis hari ini.

B: Hah kuis ? Oh ya gw lupa. Download slide kuliahnya dimana  ya ?

A: Nih baca aja dari komputer tablet gw. Slide dan semua materi ada di cloud kampus.

B: Hah dimana ? Di awan ?

A: Bukan. Belum tahu teknologi cloud ? Ini teknologi sedang berkembang banget dan tahun 2012 ini bakal booming menurut gw. Teknologi ini menggunakan internet dan server pusat yang jauh untuk menjaga dan mengelola data dan aplikasi.

B: Nggak tahu tuh. Aduh gaptek banget sih gw. Emang cloud bisa ngapain ?

A: Gimana ngejelasinnya ya. Gw kasih contohnya aja deh. Tuh game online favorit lo. Yang lo butuhin Cuma koneksi internet kan dan lo terhubung dengan gamers lain, ga perlu install software atau beli hardware macem-macem. Ada juga pixlr.com. Tanpa install apa-apa lo bisa ngedit foto kayak pake photoshop Bud. Yang penting ada koneksi internet.  Google docs juga teknologi cloud, bisa kan tuh bikin file macem-macemcuma perlu koneksi internet.

B: Oh jadi softwarenya diinstall di server antah berantah dan kita Cuma butuh koneksi internet untuk mengakses dan memakai software itu ya ?

A: Kurang lebih seperti itu. Media sosial emang berkembang pesat apalagi dengan adanya HP sama tablet yang akan semakin mempermudah akses.

B: Iya tapi komunikasi nyata jangan sampai dikesampingkan ya sifu. Yuk ke kelas.

A: Tunggu gw mau update status dulu di twitter sebelum ke kelas.

B: Tahu deh yang online socialers. Tunggu sampai gw setenar lo.

Sumber

http://ridhofitra.info/2012/02/awal-2012-pengguna-twitter-indonesia-sekitar-19-5-juta-dari-total-383-juta.html/

http://ridhofitra.info/2012/02/jumlah-pengguna-facebook-indonesia-2012-sebesar-43-06-juta.html/

http://arwudanews.com/2012/02/21/prediksi-facebook-13-tahun-ke-depan/

http://www.lampungpost.com/kontak-kami/18446-cloud-computing-teknologi-masa-depan.html

it's me

it's me

Advertisements

4 comments on “Celotehan tentang Media Sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s