Menembus Awan dengan Internet

Kemarin sempat membaca sebuah berita dari situs NGONOO bertajuk “Menanti layanan Google Drive, cloud storage dengan kapasitas 5 GB”. Hmm setelah itu saya langsung tertarik membuat sebuah review tentang Cloud Computing. Sebelum banyak berbicara tentang teknologi cloud, siapa disini yang baru dengar tentang cloud computing ? (jawab dalam hati aja ya). Semoga rentetan kalimat dibawah ini bisa menjelaskan kepada kalian apa itu cloud computing.

NGONOO

NGONOO

 

Cloud computing, kalau dari nama berarti komputasi awan, well kita sedang tidak membicarakan tentang pesawat yang terbang langit cerah yang penuh dengan awan putih. Seperti dikutip dari wikipedia “Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet.

Oke, aku akan menjelaskan dengan bahasa yang lebih manusiawi. Bayangkan awan adalah sebuah rumah. Lalu di dalam rumah itu banyak sekali perabot yang berbeda-beda. Tiap perabot dianalogikan dengan teknologi/software yang memiliki fungsi yang berbeda seperti software photoeditor, software pengedit dokumen, dll. Lalu internet adalah kunci yang membuatmu bisa masuk dan tetap berada di dalam rumah itu.

Cloud computing menggabungkan segala jenis teknologi komputer dalam suatu layanan

 

Bayangkan suatu hari kamu diberi kunci untuk masuk ke dalam rumah itu. Selama kamu mempunyai kunci itu rumah itu adalah milikmu.  Kamu akan bisa masuk ke dalam rumah dan menikmati semua perabot yang tersedia di rumah. Kamu tak perlu membeli atau mengurus apa-apa untuk dapat menikmati semua fasilitas rumah. Enak bukan ???

 

Ya itulah cloud computing. Seperti terlihat pada gambar. Asalkan kamu memiliki PC, atau laptop atau tablet atau smartphone yang dilengkapi internet, maka kamu akan bisa menikmati apa yang berada di dalam awan seperti aplikasi pemantauan, perekap keuangan, dan lain-lain. Masih belum mengerti ? Oke aku akan berikan beberapa contoh cloud computing 

Internet adalah kunci  memasuki teknologi cloud computing

 

Pixlr.com. Bagi kamu yang suka edit foto pasti udah nggak asing sama yang namanya adobe photoshop. Dengan photoshop kamu bisa mengcrop, meng-sharp, pokoknya mempercantik penampilan foto kamu kan ? Nah kalau mau pakai photoshop kamu harus cari installernya terus meng-install di PC/Laptop kamu. Syukur -syukur laptopnya kuat di-install photoshop. Nah pixlr.com udah menjadi perabot di dalam rumah kamu. Tinggal punya internet sebagai kunci dan mengklik pixlr.com, maka kamu akan punya photoshop di PC/laptop kamu. Nggak perlu susah-susah cari installer dan meng-install kok. Enak bukan ? Itu memang enaknya cloud computing.

Pixlr

Pixlr

 

Contoh lain cloud computing adalah Google Docs. Saya yakin semua sudah pernah memakai microsoft word bukan ? Gimana kalau suatu saat microsoft word kamu rusak dan kamu butuh edit dokumen ? Tinggal buka aja Google Docs dan masalah kamu selesai tanpa butuh install macem-macem. Ingat Google Gocs adalah perabot di dalam rumah kamu yang siap kamu nikmati.

google docs

google docs

 

Ada juga jasfilin.com yang berguna sebagai aplikasi akutansi yang berbasis cloud-computing. Situs ini lebih ditujukan untuk mempermudah perusahaan dalam sistem keuangannya. Masih banyak contoh cloud computing seperti icloud, animoto.com (untuk mengedit video) dan lain-lain. Bahkan game online itu cloud computing loh, kan tinggal butuh internet untuk menjalankannya.

 

jasfilin.com

jasfilin.com

Satu bidang cloud computing yang NGONOO soroti adalah cloud storage. Cloud storage ? Jadi gini biasanya kamu menyimpan data baik kerjaan, foto, film, video, di harddisk atau flashdisk kan ? Nah gimana kalau tiba-tiba harddisk/flashdisk kamu hilang atau kena virus sehingga harus di format ? Hilang deh semua data.

 

Nah Google Drive yang dikatakan NGONOO berfungsi sebagai harddisk dimana kamu bisa menyimpan semua file kamu ke sana. Namun tidak perlu khawatir karena harddisk ini tidak akan hilang atau rusak karena pada dasarnya kamu mengupload file kamu dan file kamu tersimpan dengan aman di internet.

 

google drive

google drive

Menurut NGONOO, Google Drive akan menyediakan layanan cloud storage sampai 5 gigabyte secara gratis. Dikutip dari ngonoo.com. Disebutkan bahwa kelebihan utama Google Drive ini sebenarnya bukan hanya terletak pada besarnya kapasitas gratis-nya, namun pada pelayanan berupa pemberian fleksibilitas pada penggunanya untuk mengakses beberapa aplikasi. Google Drive bakal bekerja pada desktop Windows dan Mac OS X. Apakah teman-teman yang sudah lama menggunakan layananan Cloud Storage yang lain akan berbondong-bondong berpindah ke Google Drive?

 Google drive adalah cloud storage yang berfungsi seperti hardisk virtual untuk menyimpan data

Teknologi cloud computing memang sangat mudah dan membuat praktis kehidupan kita. Dengan komputer sederhana yang terhubung dengan internet, serasa memiliki komputer canggih dengan berbagai aplikasi yang terinstall. Beberapa keuntungan cloud computing adalah

1. Bagi perusahaan = menghemat biaya karena tak perlu biaya instalasi

2. Tidak membuat PC/laptop berat karena tak perlu instalasi

3. Tidak harus mengerjakan suatu pekerjaan di laptop yang sama,dll

Bagaimana apakah kita semua siap untuk menikmati teknologi ini ?

 

Artikel ini diikut sertakan dalam lomba blog NGONOO. klik disini untuk informasi lebih lanjut.

sumber

http://ngonoo.com/2012/04/menanti-layanan-google-drive-cloud-storage-dengan-kapasitas-5-gb/

http://yodha.web.id/teknologi-cloud-apakah-membantu/

http://techno.okezone.com/read/2011/04/29/325/451546/jasfilin-com-aplikasi-akutansi-berbasis-cloud

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

http://teknoinfo.web.id/teknologi-cloud-computing/

Advertisements

2 comments on “Menembus Awan dengan Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s