Jumlah Pria Lebih Banyak dari Wanita

Sebuah perbincangan fiksi diantara sesama pria.

A: Hei, lo sekarang lagi sibuk apa ?

B: Blablabla (mengatakan apa kesibukan dan pekerjaannya)

A: Wah udah sukses ya, kapan nikahnya ?

B: Ntar aja. Sekarang masih sibuk ngejar karir.

A: Jangan terlalu sibuk ya. Inget umur. Jangan sampai lo kelupaan nikah. Lo kan cowok baik- baik jadi lo harus menikah, kalau perlu jangan sampai poligami dong (dengan nada bercanda).

B: Hush ngawur. Satu aja belum dapet apalagi dua.

A: Kan sekarang jumlah cewek lebih banyak daripada cowok, jadi lo sebagai pria baik-baik harus menyelamatkan wanita-wanita itu.

Aku benci jika mendengar kalimat yang terakhir itu. Kalimat yang mana ? Kalimat yang mengatakan jumlah cewek lebih banyak dari jumlah cowok. Asumsi yang berkembang dimasyarakat memang mengatakan demikian. Ada yang mengatakan rasio perbandingan cowok dengan cewek itu 1:3, 1:4,  bahkan 1:7. Asumsi jumlah cowok yang lebih sedikit sering dijadikan peluru untuk seorang cowok bisa berpoligami seenaknya. Well, poligami memang tidak dilarang agama, asal bisa adil ya sah-sah saja.

Sebenarnya siapa yang menyebar asumsi kalau jumlah cewek lebih banyak dari cowok ? Kalau aku tanya pada orang-orang pasti mereka menjawab ini adalah katanya. Bingung. Nya pada katanya itu merujuk ke siapa sih ? Do you know guys, kata biro statistik tahun 2011 jumlah cowok itu lebih banyak dari cewek loh. Di Indonesia untuk seluruh usia jumlah cowok : cewek itu 1.000  :    986 which mean jika ada 1000 cowok maka hanya ada 986 cewek. Kalau dibagi-bagi berdasarkan umur

Usia < 15 tahun = Cowok : cewek = 1000 : 943

Usia 15-64 tahun = Cowok : cewek = 1.000 : 989

Usia > 65 tahun = Cowok : cewek = 1.000 : 1.235

Rasio jumlah cowok lebih banyak dari cewek berlaku diusia sampai 65 tahun. Ini juga menunjukkan harapan hidup cewek untuk berusia panjang emang lebih tinggi dari cowok. Tapi secara keseluruhan, jumlah cowok itu lebih banyak dari cewek. Ini berlaku nggak Cuma diindonesia loh. Nih data yang aku peroleh dari biro statistik [1] dari berbagai negara.

Yang diurutan terakhir emang jumlah cewek lebih banyak dari cowok. Tapi kalau secara keseluruhan di dunia rasio cowok : cewek itu = 1000 : 987.  Which mean masih banyak cowok dengan perbanidngan hampir 1:1.

Masih nggak percaya ? Kalau kata pembimbing skripsiku, kalau mencari informasi jangan hanya dari 1 sumber, paling tidak beri 2 atau 3 sumber agar mendukung pernyataan yang kita berikan. Hmm, saya coba search lagi di internet untuk menguji kevalidan data statistik ini dan hasilnya…

Ini menurut wikipedia [2] yang diambil dari world factbook [3]. A ratio above 1 means there are more males than females, while a ratio below 1 means there are more females than males. A ratio of 1 means there are equal numbers of females and males. Kalau rasio lebih besar dari satu berarti lebih banyak cowok dan sebaliknya. See, secara overall, jumlah wanita itu lebih sedikit dari pria.

Well, jumlah cewek lebih sedikit dari cowok, tapi tenang kok perbandingannya nggak jauh-jauh banget,hampir 1:1. So, girls jangan mau dipolugami dengan alasan jumlah cewek itu lebih banyak dari cowok (gila aja kalau ada yang sampe bilang cowok banding cewek itu 1 banding 7). And girls, jangan terlalu menggilai cowok sampe rebut-rebutan dan sikut-sikutan atau sampe mau bunuh diri pas diputusin karena masih ada pria lain kok. Mati satu masih ada satu yang lain.

Kalau di indonesia, untuk usia produktif nikah perbandingan cowok:cewek itu 1000:989, jadi dalam 1000 cowok bakal ada 11 cowok yang ga kebagian dong. Hmmm, mungkinkah aku menjadi 11 orang itu ? (baca: jomblo sejati). Hahaha. But one thing i beleive is

Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan.
Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah. QS,51:49
Dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan, QS,78:8

Well, aku  jadi kepikiran suatu hal. Salah satu tanda akhir zaman adalah jumlah pria yang lebih sedikit dibandingkan wanita. [4]

“Di antara tanda-tanda dekatnya hari Kiamat adalah sedikitnya ilmu (tentang Ad-Dien), merajalelanya kebodohan dan perzinahan, dan sedikitnya kaum laki-laki, sehingga lima puluh orang wanita hanya terdapat satu orang pengurus (laki-laki) saja” [HR. Al-Bukhari no. 81 – tartib maktabah sahab, Muslim no. 2671, dan At-Tirmidzi no. 2205].

Kata-kata “lima puluh” ini bukanlah sebagai pembatas, namun sebagai bentuk majaz saja yang mengandung pengertian “banyak”. Dalam hadits Abu Musa radliyallaahu ‘anhu disebutkan :

 “Dan seorang laki-laki akan diikuti oleh empat puluh orang wanita, yang mereka ingin bersenang-senang dengannya” [HR. Muslim no. 1012].

Well, sekarang hadis mungkin belum kenyataan. Namun mungkin akan ada banyak peperangan diakhir zaman yang menyebabkan terkikisnya jumlah pria di dunia. Wallaahu a’lam.

So boys, ayo cepat-cepat berburu atau nant dapat yang sisa-sisaan doang. Emang cowok itu ditakdirkan untuk berburu bukan untuk diburu. Aku suka bingung, kok sekarang kayaknya jadi kebalik ya, cewek jadi lebih agresif daripada cowok. Ya tidak semua cewek begitu juga sih.  Jadi kesimpulan dariku adalah jumlah pria itu lebih banyak dari wanita atau paling tidak hampir 1:1, i will leave the old assumption yang mengatakan sebaliknya.

sumber:

[1] http://statistik.ptkpt.net/_a.php?_a=penduduk_ratio&info1=4

[2] http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_sex_ratio#cite_note-cia-0

[3] https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/fields/2018.html

[4] http://fitrahfitri.wordpress.com/2012/02/07/apakah-jumlah-wanita-di-dunia-ini-lebih-banyak-daripada-lelaki/

Advertisements

24 comments on “Jumlah Pria Lebih Banyak dari Wanita

  1. wah, gw baru tau lho setelah baca blog ini. Lucu juga ya… waktu SD, SMP, dan SMA kalo liat daftar absen pasti kebanyakan cewe. Nah pas di kampus justru rata-rata cowo lebih banyak (kecuali jurusan2 tertentu). kalo untuk jenjang perguruan tinggi, mungkin masalah minat aja kali ya. gender tersebar sesuai jurusan yang diminati, makanya tiap jurusan di berbagai perguruan tinggi rasionya beda-beda.

    cuman yang bikin gw heran… kalo gitu kenapa selama sekolah dulu banyakan cewe daripada cowo? padahal cewe dan cowo kan keduanya berhak mendapatkan pendidikan yang sama. gw bukan mau jadi sexist, cuman pengen jadiin ini bahan pemikiran aja. menurut lu gimana Wid?

    hmm…. “Kalau kata pembimbing skripsiku, kalau mencari informasi jangan hanya dari 1 sumber, paling tidak beri 2 atau 3 sumber agar mendukung pernyataan yang kita berikan…” Gw bisa benar-benar membayangkan dan meniru bagaimana beliau mengucapkannya, Wid :))

    • Kok gw beda ya. SD, SMP, jumlah cowok cewek kurang lebih 1:1, ya walaupun ga selalu straight 1:1. SMA emang udah tradisi cewek banyak banget. Kalau menurut gw pas sekolah dulu, persebarannya ga merata aja. Ada sekolah yang kebanyakan cewek tapi pasti ada juga sekolah yang kebanyakan cowoknya juga. Kan banyak juga sekolah khusus cowok, akmil, gitu2. Kita juga ga tahu kan kalau di daerah persebarannya gimana.
      btw, haha Jadi kangen bimbingan Sama Pak Sang. hehe

  2. lebaih baik banyak cowo dong jadi aku berpacaran lebih dari satu pria dan kupilih yang paling sayang unyuk jadi misuaku.kadag ada yng mau juga cowoku ngumpet ketika ada cowo yng lain apel.asyik deh.

    • Salam kenal ya.
      Wah bahaya dong, lebih baik seimbang 1:1. Just imagine kalau cewek punya suami lebih dr 1 nanti kalau hamil bingung deh anak siapa itu. Masa hrs tes dna dulu. Haha

  3. kenyataan memang demikian.aku srbagai laki laki harus berjuang keras untukmendapat cewe.kalo dulu aku berpikir sayang sekali sunatku kalo dapat janda.tapi sekarang gakpapa deh dapat janda dari pada gak dapat wanita.salam bahagia untukmu wanita.engkau telah diciptakan dengan alat yang lebih indah dari kaum lelaki.aku mengagumimu

  4. ya memang jumlah cewe untuk saat ini lebih kecil.tapi aku yakin suatu saat nanti jumlah wanita lebih banyak.karena secara teori bahwa persaingan hidup yng semakin tinggi memicu hormon adrenalin yng tinngi pula.lalu apa pehubungannya dengan hormon adrenalin? hormon adrenalin sangat berbanding lurus dengan jumlah kromosom x pada sperma pria.sedangkan hormon adrenalin pada wanita akan meningkatkan kemampuan menangkap kromosom x .sehingga secara teori probabilitas bayi perempuan akan lebih banyak terlahirkan.tapi untuk saat ini cewe tenang sajalah.aku sebagai laki laki juga senang mempunyai banyak rival.ya gak dapat prawan yang janda juga gak apa.yg penting solikha.

    • Wuih teori yang bagus. Aku baru tahu loh.
      Bisa juga jumlah cowok berkurang krn perang2 di masa depan (smoga ga terjadi). Kalo masalah jodoh mah udah ada yg ngatur. Hehe
      Salam kenal ya btw

  5. Waktu kelas 3smp pernah ada pelajaran tentang gen. Gua udah lupa pokoknya intinya sel sperma kalo nyatu sama ovum dia susah buat nyari gen cowonya,lain halnya sama nyari gen wanita soalnya kalo cowokan gennya 2 kalo cewe cuma1 hehe seinget gua itu

  6. Ya Tuhan, tulisan mas kok bikin semangat hidupku bangkit lagi, kalau saat ini Tuhan belum memberikan aku pasangan hidup, semoga diantara 11laki2 yg tidak dapat cewek tadi mau sm aku… (T_T)

  7. Kalau sy liat fakta sj, fakta gk bs berbohong.. Kenyataannya yg byk jomblo ya perempuan,baik gadis or janda… Di kantor sy byk kali gadisnya usia di atas 40 th, janda jg sama… Di lingkungan rmh jg sama… Gk ckp jari tuk ngitung.. #trus pd kemana makhluk bernama lelaki yg di atas data statistik jumlahnya byk? Allah Maha Tahu..qt tak tahu apa2.. Mengapa Allah menurunkan syariat poligami..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s