Jika Saya Ketua KPK maka Pemberantasan Sampai Akarnya

Artikel ini saya ikutsertakan dalam lomba blog KPK. Klik untuk info

Artikel ini saya ikutsertakan dalam lomba blog KPK. Klik untuk info

Saya membayangkan jika saya diangkat menjadi ketua KPK aka ‘kursi panas’ yang mempunyai fungsi strategis menyelamatkan moral dan aset bangsa. Untuk itu saya harus menginvestigasi, menyelidiki, dan mengawasi ke semua celah di pemerintahan agar tak ada praktik KKN. Saya pikir semua yang menjadi ketua KPK akan menjalankan fungsi itu.

Saya juga mempunyai sebuah pemikiran sederhana namun ingin sekali saya praktikan jika saya ketua KPK yaitu pemberantasan ke akarnya. Selama ini KPK terlalu terfokus pada pemberantasan. Kalau dianalogikan dengan nyamuk DBD, KPK terlalu fokus membunuh nyamuk agar tidak menggigit manusia, namun usaha untuk memutus mata rantai nyamuk masih kurang.

Pencegahan yang saya maksud adalah dengan pendidikan. Korupsi itu luas. Jika dewasa korupsi berarti mencuri uang negara, menyuap, upeti, dll, namun ketika masih sekolah definisi korupsi tak sama. Menurut saya mencontek, bolos sekolah, berbohong, dan segala tindak nonintegritas adalah tindak korupsi. Jika dilanjutkan maka tindakan tersebut akan membuat anak-anak terbiasa dengan dosanya. Buntutnya mereka akan fine-fine saja dengan korupsi yang sebenarnya nanti.

Saya akan kordinasi dengan menteri pendidikan untuk menggodok mata pelajaran pendidikan antikorupsi di sekolah. Guru akan memegang peranan penting untuk proker ini. Tentunya anggota KPK juga harus turun tangan dalam mengedukasi secara langsung ke institusi besar. Yah itu pemikiran saya untuk membuat KPK adalah Komisi Pemberantasan dan Pencegahan Korupsi.

—————————————————————————————————————————————-

http://lombablogkpk.tempo.co/index/tanggal/796/Widi%20Krisna%20Permadi.html

Leave a Reply

