Start Up Bisnis Bermodalkan Melek Dunia Digital

Artikel ini saya ikut sertakan dalam lomba blog Axis Melek Digital untuk Start Up Bisnis. Info klik disini.

Bangun pagi, mandi, berpakaian, sarapan, lalu pergi ke kantor. Setelah seharian bekerja, maka aktifitas selanjutnya pulang ke rumah, mandi, makan malam, nonton TV, lalu tidur. Siapa yang aktivitas weekdaynya kurang lebih seperti ini ngacung ! Saya sendiri pun akan mengacung jika ditanya. Aktivitas orang kantoran seperti ini menjadi mata pencaharian bagi banyak orang. Mereka dipekerjakan untuk orang lain yang memiliki perusahaan. Lalu setiap akhir bulan mereka akan diberi gaji untuk membayar hasil kerja mereka. Banyak yang betah dengan pola kerja seperti ini sampai pensiun, namun banyak pula yang tidak betah. Mengapa tidak betah ? Well mungkin dari perihal gaji yang kurang, waktu kerja yang gila-gilaan, tekanan kerja yang aaargh, dan pekerjaan yang bukan menjadi passion. Kalau sudah begitu gimana dong ? Hanya ada dua pilihan tetap bertahan atau keluar.

Jika menyorot ke pilihan kedua, yaitu keluar, lalu setelah itu harus berbuat apa untuk bisa membuat dapur tetap ngebul ? Jangan terlalu berstigma kalau bekerja itu pergi ke kantor dari pagi sampai sore, masih banyak hal lain yang bisa membuat kita hidup. Jika menjadi karyawan bukan passion kita, ya coba saja berbisnis atau wirausaha sendiri. Waduh sepertinya cukup berat tuh. Membuka bisnis sendiri berarti kita sudah harus siap menerima segala risikonya dan yang terburuk adalah bangkrut. Memang ada sisi negatifnya namun juga ada sisi positifnya. Jikalau usaha kita sukses maka, kita akan mendapat kebebasan finansial tanpa harus P8. Apa tuh P8 ? Itu loh Pergi Pagi Pulang Petang Padahal Pendapatan Pas-Pasan.

Biasanya ketika mulai berpikir bisnis, kita akan langsung loncat ke masa indah dimana kita akan bisa bangun siang, pergi ke tempat kerja hanya tinggal mengontrol, punya rumah dan mobil mewah, lalu…, STOP. Jika memang suda rezeki, kita pasti akan sampai ke masa itu, namun sebelum itu kita harus melakukan start up terlebih dahulu untuk mencapai fasa tunak. Well untuk bisa start up kita berpikir kembali, “Enaknya bisnis apa ya.” Ketika kita bertanya hal tersebut kita akan mendapatkan banyak sekali alternatif. Nah bingung deh…, tentunya pilih yang sesuai dengan passion kita, jangan terlalu tergiur dengan bisnis berprofit besar namun bukan menjadi panggilan jiwa. Bisnis makanan ? Sudah banyak saingan. Bisnis fashion ? Ah bukan passion. Well, memang start up membutuhkan waktu dan usaha yang cukup besar karena ini seperti membangun pondasi sebuah rumah. Kalau pondasinya rapuh, rumah akan cepat runtuh.

Untuk mendapat jawaban atas pertanyaan “bisnis apa ?”, kita harus melihat dulu apa yang sebenarnya kita inginkan ? Katakan saya ingin pekerjaan yang fleksibel waktu kerjanya, bisa dilakukan di mana saja, income lumayan, dan modal tidak besar. Memang ada ya bisnis dengan spesifikasi kayak gitu ? Kalau zaman dulu sih pasti tidak ada, tapi kita sekarang tinggal di abad 21. Bisnis digital menjadikan spesifikasi bisnis seperti itu nyata.

Apa itu bisnis digital ? Bisnis digital adalah bisnis yang menggunakan teknologi komputer sebagai tools untuk menjalankan bisnis tersebut. Yups, modal minimal untuk usaha digital adalah koneksi internet dan komputer. Bingung ? Memang apa saja sih contoh bisnis digital ?

1. Blogger

Google adsense. Google Adsense adalah program dari google untuk memasang iklan pada web / blog mereka. Setiap ada pengunjung yang melakukan klik pada iklan adsense maka pemilik web/blog akan mendapat dollar dari google. Untuk membuat google adsenses ini, kita hanya tinggal membuat blog. Kemudian blog itu diisi dengan konten non pornografi, sara, alcohol dan drugs, menyudutkan pihak tertentu, dll. Pokoknya isi konten yang wajar-wajar saja. Kemudian kita mendaftarkan blog kita ke google adsesne.  Kedengarannya memang mudah namun jangan langsung terbuai ingin membuat blog kemudian mendaftarkan ke adsense dan langsung sering-sering ngecek ATM. Untuk bisa diterima adsense membutuhkan waktu yang lama. Jangan berpikir sekali daftar akan langsung di approve google adsense. Mungkin butuh belasan kali sampai di approve. Ketika sudah diapprove pun, kita harus mempraktikan teknik SEO. Jadi agar dollar mengalir, pengunjung harus mengklik iklan adsense bukan ? Makin banyak pengunjung maka makin besar peluang orang mengklik iklan adsense. Nah untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog digunakan teknik SEO (Seacrh Engine Optimation). SEO akan membuat blog kita menjadi peringkat teratas dalam  pencarian mesin google. Eits jangan berpikir untuk curang dengan mengklik iklan sendiri ya, kalau anda lakukan blog anda bisa dibanned oleh google. Disinilah letak tantangannya, kita harus melek SEO untuk bisa memaksimalkan dollar melalui google adsense. Google Adsense yang sudah berhasil bisa menghasilkan $ 100 perhari loh.

Buat blog/website > Sering Update > Daftar Google Adsense > Teknik SEO – $$$

Affiliate Marketing. Affiliate marketing adalah program dimana kita akan di bayar dengan menjual produk milik orang lain (merchant). Setiap penjualan yang berhasil di lakukan oleh affiliate marketer akan mendapat komisi dari merchant sesuai kesepakatan.  Affilate marketing online adalah pelaku affiliate marketing yang memasarkan produk dari merchant. Mungkin kata lainnya sales online. Well untuk pekerjaan ini berarti Anda harus sering-sering mengiklankan produk ke mana-mana, makin banyak produk yang terjual makin besar komisi kamu. Jadi uang yang Anda dapatkan tergantung dengan kegigihan Anda.

Affliate Marketing > Pemasaran > Barang terjual > $$$ sesuai jumlah terjual

–  Iklan langsung. Maksudnya adalah perusahaan mengiklankan produk atau jasanya melalui blog / website Anda. Untuk ini, bisa saja Anda yang menawarkan langsung ke perusahaan. Ini tak semudah yang dikira juga. Jumlah traffic pengunjung blog Anda haruslah tinggi. Untuk ini berarti Anda harus melek teknik SEO untuk meningkatkan traffic blog Anda. Isi konten blog Anda juga akan dinilai, apakah sesuai dengan citra perusahaan atau tidak.

Buat webiste/blog > Perusahaan ‘numpang’ iklan > Teknik SEO > SSS

2. Developer program

Software developer adalah orang yang bertugas untuk membuat software-software dengan menggunakan bahasa pemograman.  Suka membuat game seru atau membuat aplikasi ?   Kalau misalnya iya berarti pekerjaan ini akan sangat membuatmu berpasionate. Tapi software development…, terdengar IT banget ya ? Memang untuk menggeluti profesi ini kita harus melek bahasa pemograman namun tidak ada yang tidak bisa untuk dipelajari. Sekarang banyak buku, majalah dan situs yang bisa mengajarkan kita secara otodidak dalam belajar bahasa pemograman. Memang untuk benar-benar expert dalam bahasa pemogramaan membutuhkan waktu dan bukan hal yang instan. Nah sekarang tinggal bagaimana niat Anda untuk menjalani bisnis ini. Kalau sudah jago, kamu bisa buat aplikasi-aplikasi baru yang bisa dijual…, yes money money money. Here’s a video about becoming a software development

Belajar bahasa pemograman > Buat aplikasi > Jual Aplikasi > $$$

Bisa dilihat dari video ya, software development itu membuat kode-kode untuk membuat komputer menuruti apa yang kita inginkan. Software developer juga sudah menjadi profesi yang menjanjikan dan 2 step penting bagi software developer adalah keep learning dan get experience. Ini ada satu video lagi. Divideo ini narasumber mengatakan kalau kita harus melihat kode-kode programing itu sebagai ‘craft’ dan memang membutuhkan waktu dan usaha untuk menjadi web developer yang valuable.

 3. Web designer

Web designer adalah seseorang yang bekerja untuk membuat tampilan halaman website cantik dan menarik. Cara untuk membuat halaman website menjadi cantik bukan dengan alat-alat make up melainkan dengan alat-alat IT. Seorang web design dituntut untuk mempunyai sense of beauty terhadap sebuah tampilan website, oleh karena itu webdesign membutuhkan kemampuan manipulasi imaging. Selain itu seorang web designer harus bisa menguasai  Client-Side Scripting, HTML, Server-Side Scripting, Cascading Style Sheets, CSS, dan animasi flash. Emm bahasa apa itu, kok kayak bahasa alien saja. Namun bahasa pemograman yang perlu dikuasai untuk menjadi web designer tidak perlu sedalam web developer. Yang terpenting dari web designer adalah bisa memadumadankan unsur seni yang abstrak dengan unsur teknologi yang penuh logika agar dua hal tersebut menjadi hal yang selaras. Back to basic, semua membutuhkan waktu untuk Anda bisa menguasai web design, tapi kalau benar-benar di tekunikan bisa menjadi profesi yang menjanjikan tanpa terikat P8 tadi.

Belajar pemograman > Desain Website Perusahaan > $$$

 4. Arsitek Informasi

Biasanya arsitek merancang bangunan kalau arsitek informasi merancang apa ? Arsitektur Informasi adalah  arsitek yang  menyusun (structuring), mengklasifikasi (classifysing) dan melakukan pelabelan (labelling) informasi agar orang mudah mengatur dan menemukannya di sebuah situs. Bayangkan sebuah situs yang teramat besar, nah ketika kamu masuk kesitus itu dan mencari sebuah informasi, maka apa yang kamu lakukan. Mengubek satu-satu konten ? Kalau saya sih cenderung mencari di seacrh engine di situs itu. Nah arsitek informasi adalah orang yang berada dibalik suksesnya kamu menggunakan search engine itu.

Jangan anggap profesi ini tidak penting ya. Misal kamu sedang mencari dokumen bernomor 50. Nah di map ada 100 dokumen namun nomor dokumen tersusun secara acak. Arsitek informasi ini yang bertugas untuk membuat sistem sehingga map dalam dokumen tidak tersusun secara acak. Seorang arsitek informasi harus membuat struktur web, mengelompokkan konten, menentukan kedalaman konten, dan lain-lain. The keyword adalah arsitek informasi harus bisa menerjemahkan tujuan website ke dalam bentuk nyata yang berupa pengaturan website. Perencanaan website yang dilakukan arsotek informasi adalah hal paling pertama yang harus dilakukan dalam membangun sebuah situs web.

Kalau tidak ada arsitek informasi, website akan tersusun secara asal-asalan dan akan menurunkan value dari website itu. Apabila value website suatu perusahaan rendah, publik bisa menilai miring suatu perusahaan. So, ingin menjadi orang penting dibalik suksesnya website sebuah perusahaan ? Profesi ini adalah jawabannya.

Lagi-lagi, tak ada yang instan. Untuk profesi ini, Anda harus mempunyai sense perencanaan dan penstrategian struktur yang baik. Anda juga harus bisa menginterpretasikan tujuan perusahaan yang abstrak menjadi sesuatu website yang real. Hmm, disinilah tantangannya, Anda harus melek ilmu website dan memiliki pola pikir terstruktur.

Video ini menjelaskan apa yang arsitek informasi lakukan untuk mendukung visi misi dari sebuah website.

5. User Experience

Dalam bidang teknologi perangkat lunak dikenal versi beta dari suatu aplikasi yang  merupakan bnetuk prototype atau istilahnya masih bayi dari aplikasi. Jika suatu prototipe bisa dikembangkan dengan cepat, mudah, dan murah, maka prototype tersebut bisa dikembangkan ke bentuk jadi.  Nah user experience ini merupakan oknum yang bertugas menjadi calon pengguna yang akan memberi masukan kepada prototype itu menjadi bentuk siap jadinya. Tidak hanya memberi masukkan saja, user experience juga bertugas untuk mengembangkan prototype tersebut.

Again, jangan berpikir sekali mengutak-atik maka prototype akan langsung menjadi bentuk fix. Memangnya bisa bayi sekali diberi makan akan langsung tumbuh menjadi remaja. Proses evaluasi dengan calon pengguna bisa berkali-kali (iteratif) sampai diperoleh desain yang paling cocok untuk pengguna. User experience juga menggunakan masukan-masukan dari pengguna lain dari aplikasi dan sistem sebagai feedback untuk mengembangkan sistem atau aplikasi tersebut agar sistem atau aplikasi tersebut makin nyaman digunakan oleh pengguna luas.

Berpikir pekerjaan mudah ? Kalau di Indonesia pekerjaan ini masih belum berkembang…, well siapa tahu Anda yang bisa menjadi pelopor profesi ini di Indonesia.

6. Mengiklankan Produk anda sendiri di dunia maya.

Nah kalau yang ini berbeda dengan sales online. Kalau affliate marketing tadi kan Anda menjualkan produk orang lain, kalau yang ini Anda menjual produk Anda sendiri. Saya yakin setiap orang pasti mempunyai passionnya sendiri. Jika passion tersebut sudah diterjemahkan menjadi sebuah benda yang bisa dijual, kemana anda menjualnya ? Produk Anda hanyalah produk industri rumah tangga dan sangat tidak mungkin melakukan iklan media massa. Saya yakin ketika start up usaha, kapasitas produksi Anda tidaklah besar. Omset yang Anda peroleh tidak akan bisa memasukan biaya pemasaran yang besar. Lalu bagaimana cara mendapatkan hati pelanggan ya ? Nah iklan dunia maya adalah jawabannya. Anda akan mendapat customer berdasarkan order yang didapat dari dunia maya.

Jejaring sosial : Facebook dan twitter merupakan jejaring sosial pertemanan yang memiliki banyak fungsi selain untuk pertemanan. Banyak yang memanfaatkan jejaring sosial ini untuk memasarkan produknya. Untuk itu Anda harus mempunyai pergaulan jejaring sosial yang sangat luas. Jumlah friends atau follower untuk jejaring sosial kamu twitter, facebook, harus diatas rata-rata. Balik lagi, untuk itu kamu memang butuh waktu, namun kalau strategi marketing produk kamu sukses maka kamu kamu akan menjadi businness yang sukses. Konten yang disebar juga harus kreatif. Untuk industri kecil dan menengah, online marketing via jejaring sosial adalah sebuah alternatif start up untuk berbisnis. Oleh  karena itu kita semua harus melek dunia internet untuk bisa melakukan hal ini, jangan sampe istillah-istilah seperti retweet, hashtag, mention, tag, kita tidak mengerti.

Forum jual beli online : Kaskus, toko bagus, dll adalah jenis-jenis forum jual beli online yang banyak digunakan pelaku industri kecil. Ini seperti majalah katalog, hanya saja majalah tersebut bukan ada di media cetak melainkan di media online. Anda hanya perlu memposting foto produk Anda beserta keterangannya di sana. Tak lupa cantumkan nomor contact Anda.

Buat produk > Aktif Jejaring sosial > Online Marketing > Terima order ? $$$

Ini video mengenai produk maicih yang sukses besar dengan sistem marketing online via twitter.  Dapat dilihat dengan melek twitter, produk keripik pedas bisa menjanjikan dan menjadi penghasilan yang oke.

Macam Jejaring Sosial

Macam Jejaring Sosial

Sudah 6 contoh pekerjaan yang bisa anda geluti untuk start up bisnis baru untuk kehidupan anda. Sebenarnya masih banyak profesi berbasiskan dunia digital. Zaman sudah berganti jadi jangan terlalu berstigma kalau internet, bahasa pemograman dan komputer hanya alat multimedia penunjang pekerjaan Anda. Di zaman ini, media digital bisa dijadikan profesi utama dengan penghasilan yang melebihi pekerjaan anda sekarang. Tools untuk sukses dengan berprofesi di dunia adalah dengan melek dunia digital.

Yang menjadi poin adalah start up memang membutuhkan usaha yang lebih keras dibandingkan fasa tunak/steady state. Kalau dianalogikan, untuk menyalakan api kita membutuhkan pemantik namun jika api sudah menyala, kita hanya tinggal menikmati hangatnya api tersebut. Untuk bisa melek dunia digital memang butuh waktu dan usaha yang keras, sama saja untuk melek di pagi hari. (hehe). Apapun pekerjaannya tidak ada sesuatu yang instan namun jika kita benar-benar menggeluti dunia digital ini, insyallah akan ada jalannya.

What you need now adalah keberanian untuk menstart up bisnis digital anda.

Advertisements

8 comments on “Start Up Bisnis Bermodalkan Melek Dunia Digital

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s