Paradoks Kakek (PART I)

PROLOG : PARADOKS KAKEK.

Jikalau mesin waktu bukanlah suatu hal yang ajaib lagi di masa depan. Katakan aku bersafari ke masa lalu untuk membunuh kakekku. But, aku pastinya tak akan melakukan itu, i’m not a psyco. Well anggap saja aku berhasil membunuh beliau karena sebuah alasan. Pertanyaannya adalah bagaimana aku bisa terlahir jika kakekku di masa lalu terbunuh ? Apakah aku akan langsung lenyap sedetik setelah aku membunuh kakekku ? Bukankah aku tak mungkin ada jika kakekku tak ada. Lalu jika misalnya aku lenyap, bagaimana aku bisa membunuh kakekku di masa depan. Jika aku tak membunuh kakekku di masa depan, kakekku akan terus hidup dan aku akan eksis. Hal ini hanya akan membuat lingkaran pertanyaan yang tak ada habisnya. That’s paradoks kakek.

Pernahkah Anda berpikir apa jawaban dari paradoks itu ? Apakah pertanyaan seperti ini membutuhkan jawaban ataukah sebaiknya tetap menjadi misteri ? Sampai mesih waktu benar-benar ada, jawaban atas pertanyaan ini hanyalah teori-teori belaka. However,  aku pernah mencoba menjawab dan jawaban itu coba kutuangkan dalam cerita ini. Cerita ini hanya fiksi belaka, hanya imajinasi liar yang sedang ingin kutuangkan.

MAIN STORY :  TAHUN 3500 MASEHI

Generasi dan generasi berganti. Tahun 2012 sudah menjadi tahun yang usang, seusang teknologinya. Perkembangan teknologi berjalan secara eksponensial, membuat surga seakan turun ke bumi. Teknologi sudah menguasai semua aspek kehidupan, membuyarkan kemustahilan yang sering diagungkan. Apa yang manusia lakukan hanyalah merencakan apa yang mereka inginkan dan biarkan semua alat metal itu melaksanakan keinginan manusia. Live is so simple and easy, i will give brief comparation to strength my sentence.

Smartphone, komputer tablet, komputer PC, laptop, hanyalah perangkat kuno yang tak dikenal lagi oleh generasi manusia modern. Ponsel yang berharga 10 juta yang diagung-agungkan manusia tahun 2012 (red: Ipon 5) hanyalah besi loak pada tahun ini. Coba katakan makbook, galak sih tab, dan semua macam gadget yang kamu ketahui, maka yang kamu temukan hanyalah tawa olok dari masyarakat. Tidak ada lagi perang paten antara perusahaan raksasa smartphone because the era of gadget is over.

Lalu bagaimana cara kami berkomunikasi dan bergadget ? Ketika bayi lahir, akan ditanamkan chip pada otaknya. Chip itu adalah semua gadget yang kita kenal di tahun 2012 ini. Saat ingin menelpon, just think kalau kita mau menelpon orang yang dituju, maka bayangannya akan muncul di depan kita. Mau berinternet, nonton TV, ngegame, ngetik, ngedesain, nge-Software yang aneh-aneh, just think dan akan muncul layar hologram di depan kita yang akan melakukan apa yang kita inginkan.  Tidak suka layar hologram, tinggal sentuh dinding maka layar akan terproyeksi ke dinding. Ingin berfoto ria, tinggal bentuk kotak dengan jari telunjuk dan jempol tangan kanan dan kiri. Internet semua sudah wireless dan tersedia di seluruh belahan dunia secara gratis dan dengan kecepatan ekspress. Semua fungsi gadget telah digantikan oleh chip itu.

Mobil, motor, pesawat dan kapal hanyalah perangkat perjalanann yang sudah usang. Tak ada lagi perusahaan oil and gas yang bisa dilamar para jobseeker karena tak ada lagi kendaraan yang lalu lalang di jalan. Kita menggunakan kapsul bertenaga surya yang akan membawa kita melayang ke tempat yang kita tuju dengan selamat. Kapsul menggunakan radar dan sistem GPS yang tidak akan membuat kita tabrakan atau tersesat. Tinggal tentukan tujuan, duduk santai di dalam kapsul dan sampe ke tujuan.

Energi sudah ramah lingkungan dan  mudah didapatkan. Semua fungsi minyak bumi telah digantikan oleh sel surya untuk menghasilkan listrik. Pabrik, rumah, dan gedung-gedung telah dipasang super solar sel yang memasok listrik sehingga tak ada lagi cerita mati lampu. Tak ada polusi akibat pembakaran bahan bakar fosil. Konstruksi tiang listrik, galian kabel, dan gardu-gardu hanyalah monumen kuno peninggalan nenek moyang. Solar sell raksasa dipasang menutupi gurun sahara untuk memasok listrik bagi mesin-mesin atau teknologi yang membutuhkan energi megabesar. Listrik akan ditransfer secara nirkabel.

If life is so simple, lalu manusia kerjanya apa ? Tentu banyak. Tatanan kehidupan masih sama seperti dulu. Manusia masih berkeluarga dan tinggal dirumah seperti manusia tahun 2012. Dunia masih terbagi-bagi menjadi negara-negara yang membutuhkan pemerintahan. Pabrik dan perkantoran masih berdiri kokoh untuk menjalankan perekonomian. Pabrik apa ? Pabrik sandang, pangan, mobile capsule, consumer goods, dll masih eksis sampai sekarang. Perkantoran apa ? Pajak, hukum, perbankan, dll, semua masih ada menjalankan fungsinya dengan baik. Sistem perekonomian dan tatanan kehidupan memang masih mengadopsi sistem tahun 2012, namun manusia menggunakannnya dengan lebih baik dan bijak. Tak ada inflasi, krisis moneter, atau gulung tikar karena semua telah diperhitungkan dengan sangat akurat. Tak ada permainan politik yang penuh sandiwara. We do it better than you 2012 society.

Memang tak ada pekerjaan buruh, supir, OB, dan semacamnya karena semua pekerjaan itu telah digantikan mesin. Toh jumlah manusia juga telah berkurang 70 % dari jumlah manusia tahun 2012. Oleh karena itu tatanan dunia sekarang jauh lebih teratur karena tak banyak sumber daya yang habis untuk memenuhi kebutuhan manusia. Perang dan bencana alam yang terjadi lalu hampir memusnahkan peradaban manusia. Well, perang dan bencana itu sebenarnya disebabkan karena manusia itu sendiri yang tak memperhatikan keseimbangan alam. Bencana dan perang apa? It’s top secret for 2012 society. Setelah belajar dari masa lalu, kami manusia yang berhasil bertahan hidup sepakat membangun kembali dunia dengan lebih baik. Dan jadilah bumi yang seperti surga ini.

Wait, aku ini manusia dari tahun 3500, namun mengapa seakan-akan aku tahu yang terjadi tahun 2012. Well, semua informasi mengenai masa lalu termasuk tahun 2012 dikunci rapat-rapat untuk masyarakat umum. Hanya petinggi dunia dan orang tertentu yang diberi akses untuk mengetahui sejarah yang terjadi pada umat manusia. Kepo terhadap sejarah sebelum bencana besar yang memusnahkan 70% populasi adalah suatu tindakan kriminal. Kepo saja sudah tindak kriminal apalagi berusaha mencari tahu. Tindakan kriminal akan berakibat pada neraka. Lebih baik aku tak ceritakan tentang penjara (=neraka) pada tahun 3500 ini.  Manusia diprogram untuk pekerjaannya untuk mencari uang, bersosialisasi dan bekeluarga. Masa lalu hanyalah x file yang terkunci rapat.

So, kenapa aku bisa tahu semua ? Hanya petinggi dunia dan orang tertentu yang diberi akses untuk mengetahui sejarah. Akulah yang termasuk dalam orang tertentu itu. Pekerjaanku membuatku memiliki akses untuk mengetahui semua sejarah yang terjadi pada umat manusia. Bahkan tak sekedar mengetahui, aku bisa datang ke sejarah itu dan menjadi saksi mata. Ya, aku adalah time traveller.

Profesiku ada karena lahirnya mesin waktu. Butuh beberapa generasi untuk membangun mesin itu. Penemuan God particle tahun 2012 adalah kunci dari mesin ini. Well aku juga tak mengerti rumus yang digunakan untuk menciptakan wormhole ini. Yang jelas mesin ini sudah ada dan sudah berhasil digunakan oleh manusia. Sudah ada 2 mesin waktu di tahun 3500 ini. Layaknya seekor kuda, mesin waktu juga butuh jokinya. Hanya ada satu time traveller untuk satu mesin waktu. Well aku termasuk salah satu timetraveller itu.

Apa sih pekerjaanku ? Pekerjaanku adalah berkelana mengelilingi waktu untuk mencari data yang dibutuhkan scientist. Data lokasi, dna species yang sudah punah, kondisi pergerakan bumi, adalah contoh data yang harus aku ambil dari masa lalu. Semua data digunakan untuk penelitian yang akan menghasilkan penemuan baru yang akan membawa pengaruh positif pada dunia. Paling tidak satu minggu sekali aku menjelajah waktu. Ini adalah pekerjaan top secret karena keberadaan mesin waktu juga dirahasiakan dari dunia. Hanya scientist, petinggi dunia dan time traveller yang tahu.

Jangan dipikir mudah, perjalanan menembus ruang waktu sangat berrisiko. Bisa-bisa aku meledak, atau terbakar atau membeku ketika melewati wormhole. Aku juga dilarang melakukan hal yang bisa berisiko mengubah masa depan. Even aku tak boleh membunuh seekor semut sekalipun. Aku tak dilarang untuk bersosialisasi namun aku harus bisa bertindak sesuai adat dan perilaku masyarakat waktu itu. Di dalam tubuhku juga sudah ditanam chip lain untuk membuatku bisa melewati wormhole ini. Chip ini bagaikan kunci untuk menembus perjalanan waktu. Ketika aku pensiun, chip itu akan diambil dari tubuhku dan ditanamkan ke time traveller setelahku. So, chip ini hanya pernah diproduksi 2 kali seumur dunia. Semua ini dilakukan agar manusia tak bisa menjelajah waktu seenaknya. Jika masuk mesin tanpa chip maka dia bisa hilang di dimensi waktu.

And forget about the peace time. Tak selamanya dunia berjalan sebagaimana yang dikehendaki. Memang tak ada lagi kriminalitas seperti di tahun 2012; copet, pemalak, human traficking. Layaknya teknologi yang berevolusi, kriminalitas juga berevolusi. Manusia tahun 3500 akhirnya harus menghadapi konflik yang mengancam eksistensi manusia lagi. Konflik ini bukanlah bencana alam melainkan konflik yang bersumber dari manusia sendiri. Hanya satu orang yang menjadi dalang dari chaos yang terjadi tahun 3500 ini. Mungkin konflik ini hanya akan menjadi sejarah top secret yang akan disembunyikan dari anak cucuku, jika memang kebaikan masih berpihak kepada umat manusia.

*

“DUAR.”

Suara itu harusnya terdengar sangat besar, namun tembok tebal dan lokasi 1 kilometer di dalam tanah meredam suara dan getaran itu. Suara ledakan itu bukan yang pertama kali terdengar belakangan ini. Hampir setiap hari suara itu meneror dunia. Gedung ini adalah salah satu tempat teraman di dunia karena letaknya yang berada di bawah tanah, materialnya yang sangat kuat serta sistem pertahanannya yang paling canggih. Suara ledakan terdengar lagi, kali ini semakin besar. Getaran tipis merambat dan menjalar ke seluruh ruangan. Walaupun gedung ini tangguh, ia pasti tak akan bertahan lama lagi.

Aku berjalan di lorong itu dengan tergesa-gesa. Lorong itu berbeda dari lorong biasanya. Lampu putihnya menerangi lantai metal dan tembok yang terlihat seperti beton ini. Tak ada kaca-kaca yang memantulkan pemandangan luar, yang ada hanya pintu-pintu metal yang menutup ruangan yang penuh dengan misteri. Lubang ventilasi mensirkulasi udara dingin yang berputar di jalan panjang yang terlihat tak berujung ini. Hening, semua suara seakan terserap oleh material yang menyusun tembok.

Ledakan yang besar membuat lampu meredup selama beberapa detik. Aku terhenti sebentar karena merasakan bumi yang bergetar cukup kencang. Getaran itu pasti memberi pengaruh yang cukup besar di ruang pembangkit energi. Aku tak bisa membayangkan kekacauan apa yang sedang terjadi di luar gedung ini. Peledak macam apa yang digunakan sehingga memberi pengaruh yang cukup besar untuk gedung supercanggih yang berada 1 kilometer di bawah tanah ini.

“Cepat, waktu kita tak lama,” pria yang berlari pelan disebelahku berkata.

“Aku tak mau melakukan apa yang kamu suruh. Ini melanggar kontrak,” kataku.

Kami berhenti di depan sebuah pintu metal. Pria disebelahku meletakkan tangannya di salah satu sisi tembok. Cahaya hijau men-scan telapak tangan itu. Sebuah lensa keluar dari dalam tembok. Ia kemudian menempelkan matanya ke lensa itu. Ya inilah mekanisme standar untuk membuka pintu disini; pindai tangan, retina mata dan kode password. Pintu metal itu terbuka. Aku dan dia masuk ke dalam sebuah kapsul. Kapsul itu berjalan begitu cepat namun tak terasa bagi yang menumpanginya, menelusuri lorong-lorong yang makin menuju ke pusat bumi.

“Kita sudah mendapat persetujuan dari persatuan seluruh negara di dunia untuk melakukan misi ini.”

“Tapi aku tak bisa. Kita akan mengubah masa lalu yang bisa berpengaruh ke masa depan.”

“Dengar. Kamu lihat apa yang sedang terjadi di luar sana. KAMU LIHAT ? Dia menghancurkan keseimbangan dunia, dia membangun pasukan yang sangat kuat, dia menghancurkan semua yang tak mendukungnya, dia menggunakan semua teknologi yang tak kita kuasai untuk menjalankan misinya. Kamu pikir ada cara lain untuk menghentikannya selain cara ini ? Perubahan yang akan terjadi adalah perubahan yang positif.”

“Kita tak tahu apa yang akan terjadi jika kita mengubah masa lalu.”

Kapsul berhenti dan terbuka ke sebuah ruangan. Ruangan yang sangat besar karena ruangan ini menyimpan sebuah mesin yang cukup besar. Mesin ini adalah sebuah mahakarya umat manusia. Butuh lima generasi untuk membangun mesin ini. Tak sedikit uang dan energi yang telah dikucurkan untuk investasi mesin ini. Dulu mesin seperti ini ada dua buah namun sekarang hanya tersisa satu. Mesin yang lain telah dihancurkan beberapa hari yang lalu.

“Aku tahu itu namun kita tak punya pilihan lain. Dunia telah mempercayakan ini kepadamu dan sekarang kamu harus menjalankan kewajibanmu. Cepatlah bersiap-siap kita tak punya waktu lama.”

“Tapi….”

“Aku mengerti apa yang kamu rasakan. Kamu akan dikirim ke masa lalu untuk membunuh seorang bayi yang tak tahu apa-apa. Aku tahu bagaima rasanya. Kamu akan hidup dengan cap pembunuh dipunggungmu. Namun apa yang akan kamu lakukan ini adalah suatu jalan untuk menyelamatkan miliaran nyawa diluar sana.”

Ledakan yang cukup besar terasa getarannya sampai di tempatku berdiri padahal ini 2 kilometer dibawah tanah. Aku memejamkan mata dan menarik nafas panjang. Apa yang sebenarnya terjadi ? Seperti yang sudah aku bilang, manusia tahun 3500 sedang mengalami masalah besar. Seorang pria sedang merusak keseimbangan dunia. Dia berambisi untuk mengusasi tahun 3500 ini. Dia ingin semua manusia dan teknologi tunduk kepada perintahnya. Tak sedikit manusia yang dibunuhnya karena tak mau menjadi sekutunya. Dia pintar, bahkan kelewat pintar, ambisius, kejam dan licik. We call him ‘The Destroyer’

Hanya butuh 1 tahun baginya untuk mencapai kemenangan. Daerah kekuasaannya sudah meliputi ¾ dunia. Hanya tinggal 1 benua lagi yang belum dikuasainya. Semua manusia dan teknologi di daerah yang telah didudukinya telah menurut padanya. Siapapun yang mencoba memberontak akan langsung berakhir di ‘neraka’. Dia menghancurkan dan mengambil alih semua sistem pertahanan dan militer daerah yang dikuasainya. Hanya masalah waktu sampai seluruh dunia berada di bawah genggamannya.

Cara dia memimpin sangatlah kejam. Manusia tahun 3500 seakan dibawa kembali ke zaman barbar yang tak mengenal persaudaraan. Kesengsaraan orang lain adalah kesenangannya. Dia gila, benar-benar psikopat gila, namun sangat cerdas. Bumi hangus adalah cara yang dia kerap tempuh untuk menumpahkan emosinya. Dia sangat kuat ditambah dengan pasukan yang setia padanya. Semua hidup dalam ketakutan dan kepura-puraan. No one can stop his ambition.

Namun kebaikan tak tinggal diam. Para petinggi dunia telah diselamatkan. Mereka berunding dan mendapat sebuah solusi untuk mengatasi masalah ini. The plan to get him down is simple. Hanya perlu seseorang untuk pergi ke masa lalu dan membunuh sang pengacau ketika dia masih bayi. Dan…, seseorang itu adalah aku. Rencana ini adalah rencana top secret yang sangat sederhana , namun sayangnya rencana ini bocor ke telinganya. Dia bahkan telah menghancurkan mesin waktu yang lain dan membunuh time traveller mesin waktu itu agar rencana ini bisa digagalkan. Well i’m the last time traveller now. Dan sekarang dia berada di luar gedung, sedang berusaha melakukan hal yang sama padaku dan mesin waktu yang terakhir.

Aku sudah pernah disumpah untuk tidak melakukan hal yang dapat mengubah masa depan. Selama perjalananku menjelajah waktu bahkan aku tak menginjak seekor semutpun. Namun sekarang aku disuruh untuk membunuh seorang bayi. Bagaimanapun apapaun yang akan aku lakukan bisa berakibat panjang pada tahun 3500 ini, bisa akibat baik bisa akibat buruk. Walaupun aku sudah mendapat legitimasi dari pihak persatuan dunia untuk melakukan misi ini, tetap saja aku merasa berdosa karena melanggar sumpahku dan lebih lagi membunuh.

Untuk temanku yang seorang scientist sebenarnya inilah waktu yang mereka tunggu-tunggu. Legitimasi untuk melakukan misi ini adalah kunci untuk menemukan jawaban dari ‘paradoks kakek’. Walaupun pengacau itu bukan kakekku, tetap saja scientist penasaran apa yang akan terjadi sedetik setelah aku menghilangkan nyawanya. Apakah sang pengacau itu akan langsung hilang dan dunia kembali damai dalam satu jentikan jari atau bagaimana. Nobody knows. Peraturan melarangku membunuh atau membawa sesuatu dari masa lalu agar paradoks itu tetap menjadi sebuah misteri. Legitimasi yang telah ditandatangani petinggi dunia mengharuskanku menguak jawaban dari paradoks ini.

“Baiklah aku akan terima misi ini,” kataku.

“Waktu kita tak banyak, mungkin hanya beberapa jam sampai pertahanan gedung ini runtuh. Jika dia sudah bisa masuk maka tak ada pilihan lain bagi dunia. Yang harus kamu lakukan hanyalah membuatnya tak bernyawa.”

“Hanya ?” kataku sedikit marah.

“Bunuh dia atau dia yang membunuhmu. Kamu akan aku bawa ke tahun 3450, 2 hari setelah hari kelahirannya. Dia keluar dari rumah sakit hari itu. Kamu bisa lakukan misimu….”

“Aku mengerti apa yang aku harus lakukan.”

“Lakukan saja, jangan ragu-ragu. Seorang time traveller kebal dari hukum. Jadi polisi tak akan bisa menangkapmu. Seluruh dunia bergantung padamu sekarang. Cepat pakai perlengkapanmu.”

Walaupun berat untuk melanggar sumpah dan membunuh, namun aku harus lakukan ini untuk dunia. Aku menggantik sepatu dan mengambil sebuah benda seperti pena. Sepatu ini adalah sepatu anti gravitasi, bukan untuk umum. Benda seperti pena ini adalah pistol dengan laser dan radiasi sebagai pelurunya, juga bukan untuk umum. Setelah bersiap aku berdiri di sebuah lingkaran. Mesin mulai dihidupkan. Wormhole mulai tercipta. Cahaya putih mulai menyelubungiku, membuatku tak tahu berada dimana. Inilah lorong ruang dan waktu begitu dingin dan hening. Well saatnya menjelajah waktu.

*

to be continued

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s