7 Checks, My First Novel

Alhamdulillah, sebentar lagi aku akan melaksanakan resolusi besar pertamaku di tahun 2013 yaitu menerbitkan sebuah buku. Lo mau nerbitit buku Wid ? Buku apa ? Yes, nerbitin buku tepatnya novel. Jadi semua berawal ketika waktu luang selepas pulang kerja. Ketika itu aku berpikir, enaknya ngapain ya ? Well, my hobby is writing. Sudah menjadi resolusiku untuk menerbitkan minimal 1buku tahun ini, jadi mulai deh mencari ide cerita dan menulis sebuah naskah. Setelah naskah jadi, langsung aku kirim ke penerbit dan mereka menerima naskahku. Makanya aku jadi jarang nulis cerpen dan publish di blog.

So, let me introduce you to my first novel. Judulnya “7 Checks” atau kalau dalam bahasa Indonesia berarti 7 tanda centang. Penerbitnya Grasindo. Rencana terbit akhir April 2013. Aku sudah tanda tangan kontrak penerbitan dan sekarang naskahku sudah naik cetak. Can’t wait until my first novel available on book store.

Ceritanya tentang apa ya ????

Jadi novel ini bergenre inspiratif (asumsiku sendiri sih). Konflik yang disajikan campuran antara nilai kehidupan, romance, dan friendship. Lengkap deh pokoknya.

Jadi “7 Checks” bercerita tentang seorang pria yang bernama Reza, 29 tahun, yang didiagnosa menderita kanker otak stadium 4. Kanker otak itu berasal dari benturan di kepalanya ketika dia sekeluarga mengalami kecelakaan mobil beberapa tahun lalu. Kecelakaan tersebut membuat dia kehilangan ayahnya.

Reza memiliki seorang kekasih bernama Irene. Usia mereka terpaut 3 tahun. Hubungan percintaan yang sudah mereka rajut selama 7 tahun berada di ambang kehancuran karena Reza yang menggantungkan Irene. Reza ingin fokus ke karirnya terlebih dahulu.

Adalah Ferri dan Darren, sahabat sehidup semati Reza. Mereka selalu bersama semenjak masa perkuliahan. Ketika memasuki dunia kerja, kantor mereka terletak berdekatan sehingga mereka selalu berangkat bersama menggunakan mobil Reza. Mereka dulu tergabung dalam sebuah grup band yang cukup terkenal di kampus. Andini, sang drumer wanita mereka, melanjutkan studi S2 di luar negeri setelah lulus dan entah mengapa tidak bisa dihubungi lagi seakan ditelan bumi.

Reza menyembunyikan diagnosa tersebut dari keluarga dan teman-temannya. Mama Reza adalah orang yang sangat overprotective. Dokter memvonis usia Reza tinggal 6 bulan lagi. Dia takut dan paranoid seakan malaikat maut selalu mengejar di belakangnya. Akhirnya dia membuat sebuah daftar yang wajib dilakukan sebelum ajal menjemputnya. Ada 7 hal yang menjadi tujuan hidupnya saat itu. Sebenarnya dia sendiri tak yakin apakah dia bisa menjalankan 7 hal tersebut.

Daftar tersebut membawa perubahan di sisa-sisa hidupnya. Daftar itu membuka semua aib dan rahasia kehidupanya. Sebuah perjalanan ke Paris bersama Irene dan kedua sahabatnya menjadi puncak dari konflik kehidupan Reza. Apakah dia mampu memberikan 7 tanda centang pada daftar tersebut sebelum waktunya habis ? Well, aku nggak akan menjawabnya, nanti nggak seru dong pas membaca novelnya. Seperti cerpen-cerpen yang sering aku buat, aku mencoba membuat ending cerita ini unexpected.

Ide cerita dari novel ini aku dapat dari Almarhum ayahku. Ketika sedang mencari inspirasi, entah mengapa aku teringat dengan beliau. Dulu ayahku pernah divonis kalau umurnya tinggal 3 bulan lagi oleh dokter. Mendengar vonis itu, beliau tidak menyerah dan terus berjuang untuk hidup. Pada akhirnya vonisnya salah tuh. He can live longer.

Thanks to semua pihak yang telah membantuku menyelesaikan novel ini ya ? Loh emang lo nggak buat sendiri wid ? Ya buat sendiri lah, tapi kan inspirasi untuk tulisan ini didapat dari mana-mana. Aku berharap siapapun yang membaca novel ini bisa mengambil makna dan nilai positif yang ingin aku sampaikan . Apakah itu ? Baca sendiri novelnya dan temukan ya. Tentunya aku juga berdoa agar novel pertamaku jadi best seller. Amin

cover fix

Advertisements

3 comments on “7 Checks, My First Novel

  1. Pingback: 7 Checks Has Launched | @widikrisna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s