7 Checks Has Launched

Novel pertamaku yang berjudul ‘7 Checks’ sudah resmi terbit, tak perlu menunggu sampai akhir bulan ternyata. Tak kusangka, keisengan menulis ini akhirnya membawakan hasil menjadi sebuah karya yang nyata. Here’s the detail

Cover depan fix

Author: Widi Krisna

Publisher: Gramedia Widiasarana Indonesia

Publish date : April 15th, 2013

Dimensions (cm): 13 x 19 x 3 cm

Pages: 304

 Ceritanya tentang apa sih Wid ? Kalau mau tahu spoiler ceritanya ada di post aku sebelumnya (klik disini). Ada tiga cara mendapatkan novelku :

  1. Pergi ke toko buku Gramedia terdekat dan membeli versi hardcopynya. Harganya IDR 47.000. Kalau cara ini pasti sudah tidak asing lagi kan.
  2. Membeli versi digitalnya di Gramediana.com . Klik disini . Untuk versi digital atau softcopy ini bisa didapat dengan harga IDR 30.000. Harga memang lebih murah dan lebih paperless. Untuk membeli di Gramediana.com, kamu harus menjadi member dengan mendaftar. Mudah kok mendaftarnya, tinggal isi identitas, alamat email, dll. Ini panduan order dan bayar di gramediana.com
  3. Malas ke toko buku ? Kamu bisa membeli secara online di bukabuku.com . Membeli secara online, maksudnya ? Jadi bukabuku.com adalah toko buku yang lapaknya berada di dunia maya. Kamu tinggal buka linknya disini lalu pesan secara online. Buku yang didapat adalah versi hardcopy dan diantar ke alamat kamu. Lebih praktis bagi yang nggak punya waktu ke toko buku. Harga novelku di bukabuku.com adalah IDR 39.950 tapi belum termasuk ongkos kirim. Kalau ditambah ongkos kirim kurang lebih totalnya sama. Bayar bisa via transfer, ke bank langsung, atau cash on delivery (Jakarta only). Tapi kan ada tuh bank yang minimal transfer IDR 50.000, gimana dong ? Kalau misalnya total harga novel plus ongkir nggak sampai IDR 50.000, sisanya akan dikembalikan ke rekening atau di deposit (aku dah nanya pihak bukabuku.com). Untuk membeli via bukabuku.com, kamu harus daftar jadi member. Tapi gampang kok daftarnya, tinggal isi data diri saja. Panduannya klik disini

Via

Versi

Harga

Link

Gramedia book store Cetak 47.000
Gramediana.com Digital 30.000 Klik disini
Bukabuku.com Cetak 39.950 + ongkir Klik disini

Jadi mau beli via apa, itu terserah kamu saja. Ada banyak pesan positif yang yang ingin aku sampaikan melalui buku ini. It’s about a man journey to get his better life. Makna mimpi, cinta, dan persahabatan adalah suatu hal yang coba kutonjolkan di cerita ini. Selalu ada jalan untuk hal tersulit selama kita meminta, yakin, dan percaya. Oya, kalau tidak keberatan minta testimoni bagi yang sudah membaca ya

 Sinopsis cover belakang :

Jika dokter memvonis usiamu tinggal 6 bulan lagi, apa rencanamu ketika esok datang ? J ika kamu merasa maut sedang mengejarmu, kemanakah kamu akan pergi ? Itulah yang harus dihadapi Reza ketika mendapati dirinya di vonis kanker otak stadium 4. Belum lagi hubungan cintanya dengan Irene yang sudah dijalin selama 7 tahun berada diambang kehancuran. Ibunya yang overprotective membuatnya menyembunyikan fakta ini dari keluarga dan sahabatnya. Tekanan pekerjaan yang ia terima makin menggerogoti kekuatannya. Dia sendiri melawan penyakit ini. Dia tenggelam dalam ketakutan.

 Reza membuat sebuah daftar; 7 hal yang harus dilakukan sebelum mati. Dia akan bernegosiasi dengan malaikat maut sampai ketujuh hal dalam daftar itu terlaksana. Bagaikan manusia yang terlahir kembali dan memiliki sebuah tujuan, daftar itu mengubah hidupnya di sisa-sisa waktu yang dia punya. Beberapa poin yang ia buat adalah kemustahilan. Sebuah perjalan ke Paris adalah titik puncaknya. Sebuah aib yang pernah Reza perbuat terhadap Irene akhirnya terbongkar. Aib itu bagaikan noda yang menoreh hubungan mereka. Semua rahasia berbicara, menciptakan euforia dan air mata. Daftar itu adalah kunci hidupnya. Dia membuka aib lama, dia menguak rahasia, namun dia menemukan makna hidupnya.

 Hidup itu indah, bukan untuk dikeluhkan

A little journey sampai 7 checks terbit

  • Kerja, pulang jam 7 malam lalu tak tahu harus ngapain. Oke kurasa saatnya menuangkan hobi kembali. Kali ini aku ingin iseng-iseng menulis cerita panjang alih-alih cerpen. Resolusiku tahun ini adalah menerbitkan sebuah buku, sebenarnya itu resolusi khayalan sih.
  • Pertama mendapat ide cerita bulan Desember 2012 awal. Ketika itu aku baru saja pulang dari makam ayahku. Ketika aku mengingat sebuah kejadian yang terjadi pada beliau, aku langsung terpikir sebuah ide cerita yang mendasari novel 7 checks ini.
  • Mulai menulis awal cerita beberapa hari setelah mendapat ide, sekitar desember awal. Setiap hari kerja aku bisa menulis sampai 5 halaman A4. Kalau weekend bisa bablas sampai 10-15 halaman sehari.
  • Januari 2013 awal, naskahku selesai. Sebenarnya tidak banyak hambatan ketika nulis. Hambatan yang paling sering adalah bingung bagaimana memilih beberapa alur yang terbayang di benak. Aku harus bisa memilih alur yang terbaik.
  • Setelah selesai aku butuh 2 minggu untuk membaca ulang naskahku sampai 3 kali. Read and edit to make perfect. Sebenarnya agak nggak PD juga pas naskah udah aku nilai fix untuk dikirim.
  • Tanggal 21 Januari aku mengirim naskah hardcopy ke Grasindo via pos. Ini pertama kalinya aku mengirim naskah ke penerbit. Sebenarnya aku agak nekat juga sih. Secara masih penulis baru udah berani ngirim ke penerbit besar. Tapi aku PD dan yakin aja deh. Aku nggak akan tahu diterima atau nggak sebelum mencoba.
  •  Tanggal 25 Januari mendapat konfirmasi kalau naskahku diterima. Saatnya menunggu. Menurut googling-googling, butuh waktu 1-3 bulan sampai naskah mendapat follow up diterima atau tidak. Dalam hati aku berpikir ‘inikan Cuma keisengan nulis, jadi ikhlasin aja diterima atau tidak.’
  • Tanggal 26 Februari, tepat satu bulan menunggu akhirnya aku mendapat keputusan. Pagi itu, aku lagi rapat di kantor lalu mendapat telepon dari nomor tak dikenal. Rupanya dari Grasindo yang menyatakan naskahku diterimaaaa. Senang tingkat tinggi. Aku disuruh menghubungi Mbak Anin yang akan menjadi editor naskahku. Setelah itu aktivitas lebih banyak ke editing naskahku.
  • Maret akhir aku terima kontrak penerbitan. Baru tahu kontrak penerbitan itu seperti itu. Haha. Maklum penulis baru
  • April awal novelku naik cetak. Sebenarnya aku ingin ilustrasi lope-lope di novelku dihilangkan, namun keburu naik cetak jadi maklumi ya kalau ilustrasinya melow begitu. Genre novelnya emang melow
  • Dan sekarang…., sudah terbit dan ada di toko buku

    7 Checks on Gramedia book store

    7 Checks on Gramedia book store

9 comments on “7 Checks Has Launched

Leave a Reply

