Pisau Gamma untuk Kanker

Di Novel 7 Checks, Reza, sang karakter utama, terkena penyakit kanker otak stadium 4. Kemudian dia membuat 7 daftar yang harus dilakukan sebelum maut menjemput. Well, pada novel tersebut diceritakan kalau Reza mengambil metode pengobatan Gamma Knife. Apa itu Gamma Knife ? Sebuah pisau kah ?

Diceritakan kalau metode pengobatan Gamma Knife merupakan sebuah metode pengobatan kanker tanpa bedah konvensional. Secara konvensional maksudnya adalah untuk mengeluarkan sel kanker dari dalam tubuh pasien, bagian tubuh pasien harus dibuka lalu diangkat sel kankernya. Jikalau kanker yang dialami kanker otak, maka tengkorak kepalanya harus dibuka. Dengan metode Gamma Knife, tak perlu ada pembedahan. Sel kanker akan diradiasi oleh sinar gamma. Jadi ini merupakan metode pengobatan berbasis radiasi.

And FYI, metode ini benar-benar ada. Jadi aku tak mengarang-ngarang informasi mengenai metode tersebut. Dalam bedah Gamma Knife®, dipancarkan sebanyak 200 sinar radiasi yang difokuskan ke tumor atau target lainnya. Unsur seperti radium dan radioisotop hasil rekayasa seperti kobalt-60 dapat menghasilkan sinar-gamma yang mempunyai karakter sama dengan sinar-X saat sinar tersebut berinteraksi dengan jaringan. Tumbukan sinar-X atau sinar-gamma pada jaringan akan mengakibatkan kerusakan DNA yang disusul dengan kematian jaringan tersebut. Sebagian besar jaringan sehat mempunyai daya tahan lebih tinggi daripada daya tahan jaringan kanker pada peristiwa ini. Perencanaan yang teliti dengan bantuan alat pencitraan diperlukan untuk mengidentifikasi lokasi target.

Alat Gamma Knife

Alat Gamma Knife

Lalu diceritakan dalam novel kalau pengobatan ini tak perlu menginap dirumah sakit bahkan pasien masih dalam keadaan sadar despite kalau dia sedang dioperasi. Benarkah demikian ? Ya memang demikian. Metode pengobatan Gamma Knife tidak perlu pembiusan total juga tak mempunyai risiko dengan tindakan operasi seperti pendarahan, infeksi, dan lain-lain. Selain itu tak ada pula efek samping seperti rambut rontok, mual, kelelahan ataupun efek samping lain yang biasanya timbul pada terapi radiasi konvensional. Metode ini juga mempunyai akurasi yang tinggi. Sebagai sebuah alat bedah saraf dengan akurasi sampai 0.15mm, Gamma Knife didesain untuk mencapai target operasi yang terletak jauh dalam otak dan tulang belakang bagian kepala dan leher.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk operasi ? Dinovelku dibilang kalau operasi hanya membutuhkan waktu satu hari ? Ya memang begitu adanya.  Gamma Knife hanya membutuhkan waktu beberapa menit hingga beberapa jam saja. Pasien bisa pulang pada hari yang sama dan melanjutkan aktivitas harian normalnya dengan segera. Perencanaan dan terapi dapat dilakukan pada hari yang sama. Memang apa saja yang dilakukan ?

Prosedur terapi terdiri dari 5 langkah :

  1. Persiapan : Penjelasan tentang terapi. Pada hari operasi akan dipasang bingkai kepala khusus (stereotactic head frame) untuk menentukan target di otak yang akan mendapat sinar Gamma secara sangat akurat.

    bingkai kepala

    Bingkai Kepala

  2. Proses pencitraan : CT, MRI, DSA. Dengan MRI untuk menentukan ukuran, bentuk dan lokasi dari target dari penembakan sinar gamma.
  3. Perencanaan terapi. Dokter Spesialis Bedah Saraf dan Dokter Spesialis Radiasi Onkolog beserta dengan Fisikawan Medis akan menghitung secara akurat perencanaan terapi berdasarkan hasil pencitraan.
  4. Terapi.  Penembakan sinar gamma berdasarkan perencanaan. Proses yang terjadi serupa dengan pencintraan.terapi
  5. Pasca terapi. Bingkai kepala Anda akan dilepaskan dan pasian akan diantar kembali ke ruangan rawat inap untuk beristirahat. Efek dari terapi baru akan terasa setelah beberapa waktu. Bedah radiasi dirancang untuk menghentikan pertumbuhan tumor atau jaringan rusak, yang berarti efek tersebut baru akan muncul setelah beberapa minggu, bulan atau bahkan bebrapa tahun.

Untuk saat ini teknologi Gamma Knife hanya baru bisa dilaksanakan di satu rumah sakit di Indonesia yaitu di Siloam Hospitals Lippo. Jumlah ini sangat sedikit bila dibandingkan negara lain seperti jepang yang memiliki ribuang Gamma Knife. Saya berharap kedepannya metode pengobatan ini bisa berkembang dan bertambah lebih banyak lagi agar harapan-harapan para penderita kanker tidaklah pupus. Well semoga tulisan singkat mengenai Gamma Knife ini bisa membantu.

Diambil dari gammaknifeindonesia.com dengan pengeditan lebih lanjut

Advertisements

4 comments on “Pisau Gamma untuk Kanker

  1. Terima Kasih Untuk share yang sudah dilakukan :
    Memang benar apa yg sudah diungkapkan sesudah operasi dgn Gamma Knife kualitas hidup sesudah tindakan jauh lebih baik bila dibandingkan pada prosedure
    menggunakan tindakan bedah konvensional.
    Bila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai betapa bergunanya tindakan bedah ini dapat menghubungi http://www.gammaknife indonesia.com atau berkirim email di info@gammaknifeindonesia.com
    terimakasih

  2. tks info yg sangat berarti ini..sy penderita tumor otak & telah di operasi pd des 2011 di Boromeus Bandung oleh Prof Takeshi Kawase / Dokter Benny AW tp tampaknya tumor masih berkembang krn saat itu pisau operasi tdk dpt menjangkau seluruh tumornya krn posisinya sulit & gamma knife adalah solusinya..smg BPJS bs digunakan di Siloam utk operasi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s