Mari Hemat Satu Lembar Kertasmu

Kertas-kertas-kertas

Setiap hari saya pasti menyentuh benda yang satu ini. Dulu waktu kuliah kertas menjadi teman setia dalam luka dan duka. Kalau sekarang menggunakan kertas kalau sedang kerja. Sebagian dari kalian juga pasti berhubungan dengan kertas kan dalam aktivitasnya ? Kalau begitu tak ada salahnya kalian terus menscroll artikel ini ke bawah. Because i’m going to talk about paper now.

Dalam bahasa inggirs kertas adalah paper, yang diambil dari kata papirus. Papirus dihasilkan diawal tahun 3000 SM di Mesir. (1) Kertas pertama kali diciptakan oleh Tsai Lun, seorang berkebangsaan Cina. Dia membuat kertas dari bahan bambu yang mudah didapatkan di Cina pada tahun 101 Masehi. Penemuan ini kemudian menyebar ke Jepang dan Korea seiring dengan menyebarnya bangsa Cina ke timur dan berkembangnya peradaban di kawasan itu.

Bahan baku kertas adalah serat pohon. Yes, paper comes from tree. I’ll give brief explanation how paper made. Secara garis besar kertas dibuat dengan cara sebagai berikut

–          Kayu diambil dari hutan kemudian dipotong – potong untuk kemudian disimpan.

–          Kayu dibuang kulitnya.

–          Kayu dipotong – potong menjadi ukuran kecil dengan mesin chipping sehingga menghasilkan chip kayu.

–          Chip dimasak didalam digester untuk memisahkan serat kayu (bahan yang diunakan untuk membuat kertas) dengan lignin. Hasil dari pemasakan ini disebut pulp (bubur kertas). Pulp ini yang diolah menjadi kertas pada mesin kertas (paper machine). (3)

proses pembuatan kertas

proses pembuatan kertas

Wah kalau berbicara masalah menebang pohon, pasti sensitif tuh. Banyak aktifis atau LSM yang menggebu-gebu untuk menyorakkan hemat kertas, 3R, dan semacamnya. Aku sendiri juga pula masih dalam tahap kadang-kadang untuk melakukan 3R. Terkadang aku berpikir, ‘ah Cuma selembar ini, nggak apa-apalah nggak direcycle blablabla’. Emang seberapa banyak sih pohon yang dipakai untuk membuat kertas ?

1 rim kertas

1 rim kertas

Menurut Prof. Dr. Sudjarwadi (UGM), 1 rim kertas setara dengan 1 pohon berumur 5 tahun. Untuk setiap ton pulp membutuhkan 4,6 meter kubik kayu, dan 1 ton pulp menghasilkan 1,2 ton kertas. 1 hektar hutan tanamanan industri (HTI) dapat menghasilkan kurang lebih 160 meter kubik kayu.

1,2 Ton kertas -> 4,6 meter kubik kayu

`1 hektar hutan industri -> 160 meter kubik kayu

1,2 ton kertas -> 0,029 hektar

 Asumsi 1 lembar itu 80 gram

1,2 Ton kertas à 15000 lembar (30 rim) -> 0,029 hektar hutan (HTI)

1 hektar tanah

1 hektar tanah

Hmm, Cuma 0,029 hektar untuk memproduksi 15000 lembar kertas. Berpikir itu sedikit terus memakai kertas seenaknya ? Berdasarkan kemenperin.go.id, kebutuhan kertas Indonesia mencapai 12 juta ton kertas untuk tahun 2012. (5) Hayo, berapa hektar hutan yang ditebang

 12 juta ton kertas -> 29000 hektar

 As info luas hutan tanaman industri (HTI) tahun 2011 adalah 9 juta hektar. (5) Memang hanya 3,2  % yang hilang namun 1 hektar hutan dapat menyerap 6 ton CO2 dan memberikan 4 ton O2. Lagipula alangkah baiknya bila jumlah yang 3,2% dikurangi. Lagipula baru 4,3 juta hektar HTI yang ditanam (5). Bila kebutuhan kertas terus meningkat, mungkin saja jumlah yang 3,2 % tersebut akan meledak. Dan untuk membuat kertas, pohon juga harus ditanam dan membutuhkan waktu 5-10 tahun.

Dengan apa bisa menghemat kertas ?

–          Bisa dengan gunakan kertas secara bolak balik. Kalau belakangnya masih putih, jangan dibuang dulu.

–          Kalau bisa ditulis secara digital, tulislah secara digital dan tidak usah di print. Jika ingin memprint dan bukan dokumen formal, gunakan margin dan spasi yang mepet.

–          Gunakan kertas daur ulang. Ituloh, kertas yang warnanya lebih cokelat

–          Yang terpenting adalah kemauan untuk menghemat kertas.

Namun tentunya teknologi akan terus berkembang. Penggunaan kertas saat ini bisa disubtitusi oleh teknologi yang paperless. Sebagai contoh, keluargaku sudah tidak berlangganan koran harian. Kalau mau berita, bisa aku akses kapan saja di laptop atau ponsel.

 Atau sekarang sudah ada e-paper. Apa itu e-paper. Kalau dari luar sih seperti kertas, seukuran A3 dan fleksibel. Namun sebenarnya itu adalah TFT-LCD berukuran 19 inch. Dalam hal ini, LG menggunakan metal foil sebagai media TFT alih-alih menggunakan material gelas. Sebenarnya bukan hanya LG yang sudah mengembangkan ini. (7)

LG fleksibel e-paper

LG fleksibel e-paper

Aku berharap buku dan sebagian besar yang membutuhkan kertas akan segera terdigitalisasi. Selain menyelamatkan pohon, juga dapat mempermudah urusa (satu buku bisa diganti dengan satu lembar e-paper). Sebelum era itu benar-benar datang, sudah seharusnya kita berhemat kertas, mulai dari selembar dan mulai dari saat ini.

  1. http://ms.wikipedia.org/wiki/Kertas#Sejarah
  2. http://www.websejarah.com/2012/01/sejarah-adanya-kertas-dan-penemuan.html
  3. http://berita-iptek.blogspot.com/2008/05/proses-pembuatan-kertas.html
  4. http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=4&dn=20081014000627
  5. http://www.kemenperin.go.id/artikel/5020/Produksi-Kertas-Bisa-Mencapai-13-Juta-Ton
  6. http://pustekolah.org/index.php/detail_download/57/warta-hasil-hutan-vol.-7-no.-2-tahun-2012
  7. www.digitaltrends.com/international/lg-display-reveals-news-worthy-flexible-e-paper/
Advertisements

6 comments on “Mari Hemat Satu Lembar Kertasmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s