Samsung Galaxy SIII, Dirancang untuk Manusia

Tulisan ini tidak diikutsertakan dalam lomba blog apa-apa. Aku hanya mereview ponsel ini . Siapa tahu ada yang sedang butuh info bagi yang mau membeli ponsel high end.

Setelah berbagai macam rumor beredar mengenai samsung galaxy SIII, akhirnya Samusng resmi meluncurkan ponsel high end andalannya tahun ini. Sebagai penerus galaxy SII yang mendapat penghargaan sebagai Smartphone Terbaik di MWC 2012 Barcelona lalu, tentunya The Next Galaxy Series ini merupakan pamungkas yang terbaik dari Samsung so far. Samsung Galaxy SIII pertama kali meluncur di Earl Court, London, Inggris, 3 Mei 2012 lalu, dan disambut baik oleh para fans yang sudah penasaran dengan rupa gadget penuh rumor ini.

Samsung Galaxy SIII

Samsung Galaxy SIII

Bagi para pecinta gadget high end pastinya sudah tak sabar mencicipi kehebatan Smartphone berOS Android 4.0 ICS (Ice cream sandwich) ini. Pasalnya Samsung Galaxy SIII (I9300) dibekali spesifikasi yang paling mutakhir saat ini. Well, aku akan mengupas kelebihan fitur Samsung Galaxy SIII yang bertagline “dirancang untuk manusia” ini. It shares you, share’s what is your heart, keeps track of loved ones, recognizes who you are, follows you every move, sees your best sides, connects with nature, wait till’s you’re asleep, Samsung Galaxy SIII design for human.

 1.    Quad Core

Core atau dalam bahasa Indonesia berarti inti adalah adalah unit yang mampu mengeksekusi instruksi pada proses komputasi. Core berfungsi sebagai otak pada sebuah gadget. Samsung galaxy SIII memiliki inti berjumlah 4 (baca : Quad core). Kebanyakan ponsel saat ini hanya memiliki satu (single core) atau dua inti (dual core), bahkan laptop saya saja hanya dual core. Masing-masing inti dapat menjalankan instruksi yang berbeda, yang berarti makin banyak inti maka makin banyak instruksi berbeda yang dapat dikerjakan dalam satu waktu.

Lebih lengkap lagi, spesifikasi inti Samsung Galaxy SIII ini adalah Quad Core Exnynos 1,4 Ghz. Kalau Samsung Galaxy S II menggunakan Inti Ganda Exnynos 1.2GHz. Lalu 1,2/1,4 GHz ini apa ya ? Itu merupakan clock speed. Clock speed adalah ukuran dari seberapa besar kecepatan komputer menyelesaikan perhitungan dasar dan operasi. GHz atau Gigahertz adalah satu-milyar siklus per detik. Jadi komputer dengan kecepatan clock 800MHz berjalan 800.000.000 siklus per detik, sedangkan komputer 2.4GHz berjalan 2.400.000.000 siklus per detik.

Prosesor quad core memang memiliki kinerja perangkat yang cepat, bisa melakukan multitasking, meningkatkan performa dalam menjalankan aplikasi, dan lain-lain. Namun tidak semua program / aplikasi membutuhkan banyak inti. Games dengan grafis yang rumit atau aplikasi pengedit video memang butuh inti banyak seperti quad core, tapi kalau hanya ingin sekedar telepon, SMS, Internet, dual core juga sudah cukup. But for me, quad core is excellent. Otaknya aja 4, jangan-jangan ni HP lebih pinter dari gw lagi.

2.    S-Voice

S-Voice merupakan fitur yang mirip Siri pada Iphone. Nggak tahu apa itu Siri ? Ok, aku akan jelaskan. S-Voice merupakan fitur perintah suara. Tidak perlu repot mengetik di layar sentuh, smartphone akan menjalankan semua perintah yang kita ucapkan. Sebagai contoh misalnya kita ingin prakiraan cuaca di kota Jakarta.  Biasanya kita mengecek internet dan membuka website prakiraan cuaca. Namun sekarang hanya dengan mengatakan “Check the weather for today,” maka setelah itu Smartphone akan mendiktekan hasilnya. Jika ingin menelpon teman kita maka kita tinggal bilang “Call Widi.” Atau jika ingin meng-SMS tinggal bilang, “Text Widi. Say Hallo my friend how are you.” Hmm very practice.

S Voice juga bisa digunakan untuk memunculkan aplikasi cuaca, kalender, dan melakukan panggilan telepon dengan menyebut nama yang disimpan di kontak. Bahkan, S Voice juga bisa mengaktifkan kontrol pemutar musik untuk memainkan lagu dan mengatur besar-kecil volume. Namun tidak semudah itu juga, kalau sedang bising maka akan sulit menggunakan fitur ini. Namun tetap S Voice is practice.  Just say, Hi Galaxy. Nggak percaya ada fitur kayak begini. Nih video demonya. Penasaran deh pingin nanya “Duluan mana ayam sama telor.”


3.     Smart Stay

Ini fitur yang sangat berguna menurut saya. Dengan fitur ini, selama mata masih memandang layar, maka layar tidak akan mati atau redup. Kok bisa ? Soalnya kamera depan Samsung Galaxy SIII  mampu melacak mata penggunanya.  Pas lagi tidak melihat layar, maka layar akan meredup namun pas ngelihat layar lagi, layar akan kembali menyala. Guna realnya apa sih ? Kalau misalnya tangan lagi basah terus pingin baca SMS. Biasanya kita ngelap tangan dulu terus mencet layar biar lampunya nyala. Nah kalau ini tinggal lihat aja layar dan brightness akan keatur sendiri.  Tentunya ini membuat ponsel semakin user friendly. “Serem juga kalau misalnya tiba-tiba layar nyala sendiri padahal lagi tidak ada siapa-siapa.”

4.    Social Tag

Social Tag memungkinkan kita menghubungkan wajah dalam album foto dengan sosial media mereka. Orang di dalam foto harus ditandai dengan namanya yang sudah disimpan di kontak buku telepon. Lalu yang harus kita lakukan adalah menekan fotonya lalu memilih dengan media apa kita ingin terhubung dengannya, apakah media facebook atau twitter atau lain-lain. “Kalau habis operasi plastik harus rename lagi nggak ya ?”

5.     S Beam

S Beam adalah fitur yang memungkinkan pengguna melakukan transfer file secara cepat tanpa sambungan kabe. S Beam menggunakan teknologi Near-Field Communication (NFC) dan Wi-Fi Direct. NFC (Near Field Communication), yaitu suatu teknologi yang merupakan pengembangan dari teknologi kartu RFID (Radio Frequency Identification) dimana prinsip RFID sama dengan kartu ATM, namun tidak digesek melainkan cukup didekatkan ke deteksi yang disebut reader.

Pada Samsung Galaxy SIII, jika ingin mentransfer file, kita cukup mendekatkan dengan perangkat Samsung galaxy SIII lain. Pada saat itulah NFC bekerja lalu file akan ditransfer menggunakan Wi-Fi Direct. Teknologi ini bisa mentransfer file hingga 1GB dengan kecepatan mencapai 300Mbps. Yang ditrafnsfer juga bisa macam-macam seperti foto, video, musik dan lain-lain. Bahkan pengembangan teknologi ini bisa digunakan untuk alat transaksi pembayaran. “Bisa transfer makanan kagak ya kalau lagi mager.” Wow, here’s the demo.

6.    Smart Alert

Fitur ini berfungsi memberitahukan adanya missed call atau pesan yang terlewat ketika. Misalnya ada telepon atau SMS masuk ketika kita sedang pergi dan tidak membawa Handphone. Fitur ini akan ini akan menggetarkan ponsel dan menyalakan lampu LED jika kita mengambil ponsel setelah ada panggilan tak terjawab atau SMS masuk. ‘Hmmm, kalau lama-lama resek diingetin ada SMS masuk bisa kesel juga ya”. Hehe. By the way, here’s the demo

7. Direct Call

Jika kita menerima atau mengirim SMS kepada seseorang, tapi tiba-tiba ingin menelpon orang itu cukup tempelkan Galaxy S III di telinga kita. Sensor dapat mengenali telinga dan langsung menghubungi nomor telepon pengirim SMS itu.

8. All Share Cast & All Share Play

Dengan fitur All Share Play, maka akan mudah untuk menghubungkan satu Samsung Galaxy SIII dengan perangkat Samsung Galaxy SIII lainnya. Dengan menggunakan DLNA dan Wi-Fi Direct maka kita akan mudah terhubung dengan dokumen dan file multimedia saat kita bekerja pada sebuah layar yang berbeda. Bingung ? Here’s the demo

Kalau All Share Cast memungkinkan Samsung Galaxy SIII terhubung ke perangkat dengan layar yang lebih besar, seperti tablet, komputer, ataupun televisi. Bagi para gamer untuk bermain di sebuah layar dan menggunakan Samsung Galaxy S III sebagai controller. Tanpa kabel, tanpa harus repot. “Wuih bisa jereng nih ngegame terus.”

9.    Best Photo

Samsung Galaxy SIII dibekali kamera 8 megapixel (rumornya dulu 12 MP), tapi kamera ponsel ini secara otomatis mengambil 8 foto berurutan untuk membuat adegan terus menerus dan akan memilih satu yang terbaik dari 8 foto tersebut. “Kedip pas foto nggak masalah.”

10. Pop Up Play

Dengan Pop up play, kita bisa menonton video HD di jendela lain saat mengirim email atau teks secara simultan. Kita juga bisa mengubah ukuran video, geser ke mana kita menginginkannya di layar, dan chatting dengan teman atau surfing web. “Wow, nanti mata kiri liat video, mata kanan ngelihat email.” hehehe

11.  Layar Amoled HD

Ukuran layar Samsung Galaxy SIII yang Jumbo (4,8 inch) dengan teknologi Super Amoled HD dengan resolusi 1280×720 pixel. Pastinya tampilan foto dan video pun hampir dipastikan cemerlang. Tapi ini kembali ke user preference. Agak susah juga kali ya mengoperasikan HP yang berlayar besar dengan satu tangan.

Berikut spek lengkap SGS III

General

 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
 3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
 4G Network LTE (regional) -> Di Indonesia belum mendukung 4G tapi
 Announced 2012, May

Body

      Dimensions 136.6 x 70.6 x 8.6 mm
      Weight 133 g
Intinya Bodynya tipis dan enteng kok

Display

  Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors -> tajem nih layarnya
  Size 720 x 1280 pixels, 4.8 inches (~306 ppi pixel density) -> layarnye gede banget bro
  Multitouch Yes
   Protection Corning Gorilla Glass 2
– TouchWiz UI v4.0

Sound

    Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
    Loudspeaker Yes
    3.5mm jack Yes

Memory

 Card slot microSD, up to 64 GB
 Internal 16/32/64 GB storage, 1 GB RAM

Data

      GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 – 48 kbps
      EDGE Class 12
      Speed HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
      WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
      Bluetooth Yes, v4.0 with A2DP, EDR
      NFC Yes
      USB Yes, microUSB v2.0 (MHL), USB On-the-go –> bisa langsung colok USB berarti

Camera

 Primary 8 MP, 3264×2448 pixels, autofocus, LED flash (Megapixelnya sama kayak SGS II, tapi 8 MP udah bagus)
 Features Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization
 Video Yes, 1080p@30fps
 Secondary Yes, 1.9 MP, 720p@30fps

Features

 OS Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich) –> The newest android
 Chipset Exynos 4212 Quad
 CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9
 GPU Mali-400MP
 Sensors Accelerometer, gyro, RGB sensor, proximity, compass, barometer
 Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
 Browser HTML, Adobe Flash
 Radio Stereo FM radio with RDS
 GPS Yes, with A-GPS support and GLONASS
 Java Yes, via Java MIDP emulator
 Colors Blue, White
– MicroSIM card support only
– S-Voice natural language commands and dictation
– Smart Stay eye tracking
– Dropbox (50 GB storage)
– Active noise cancellation with dedicated mic
– TV-out (via MHL A/V link)
– SNS integration
– MP4/DivX/XviD/WMV/H.264/H.263 player
– MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player
– Organizer
– Image/video editor
– Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
– Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
– Voice memo/dial/commands
– Predictive text input (Swype)

Battery

 Standard battery, Li-Ion 2100 mAh

sumber

http://www.samsung.com/id/galaxys3/index.html?pid=id_home_thelatest_main_galaxys3_20120515

http://www.tempo.co/read/news/2012/05/15/072404010

http://agussale.com/tahukah-anda-apa-itu-clock-speed-cpu

http://inet.detik.com/read/2012/05/04/024825/1908693/317/s-voice-siri-versi-samsung-galaxy-s-iii

http://www.teknokers.com/2011/07/yuk-berkenalan-dengan-teknologi-nfc.html

http://www.gsmarena.com/samsung_i9300_galaxy_s_iii-4238.php

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s